Belajar Bahasa Inggris dengan Menggunakan Multimedia | Formulasi
Senin, 11 Februari 2013

Belajar Bahasa Inggris dengan Menggunakan Multimedia

Baca Juga : artikel, artikel guru, artikel pengalaman guru, lomba, lomba guru, lomba menulis guru, multimedia

Belajar bahasa inggris lebih mudah jika menggunakan ICT atau multi media, karena sesuai dengan tipe belajar siswa. Ada 3 tipe belajar siswa, auditori, visual dn kinestetis, atau gabungan dari 2 tipe belajar tersebut. Menggunakan multimedia akan membantu siswa mengerti semua pelajaran terutama bahasa ingris.

Selain mengajarkan bahasa Inggris multimedia juga dapat membantu siswa untuk belajar mengenal nilai dari sebuah cerita. Seperti dalam cerita “3 little pig”, dengan mendownload e-book atau scan buku cerita “ 3 little pig” kita dapat mengenalkan berbagai emosi atau karakter aik dan karakter buruk yang ada dalam cerita tersebut.

Selain itu dalam cerita tersebut kita dapat mengenalkan bagaimana bentuk rumah yang kuat, bahan bangunan apa saja yang berkualitas untuk digunakan, dan bagaimana cara membangun sebuah rumah, yang kuat.

Dari scan buku cerita “ 3 little pigs” juga banyak didapat kosa kata baru, dari kosakata tersebut siswa dapat membuat sebuah kalimat, dengan menggunakan tanda baca yang baik dan benar. Dari kalimat yang ada di dalam buku tersebut juga dapat dicari “preposition” untuk kemudian dimasukkan ke dalam sebuah kalimat.

Banyak hal yang dapat digunakan dari multimedia untuk belajar bahasa inggris. Cara lain menggunakan multi media juga dapat menggunakan flash card untuk menambah kosa kata baru dalam belajar bahasa inggris.Flash card dapat digunakan untuk bermain sambil belajar. Flash card dapat berisi gambar dan kosa kata yang baru, seperti pekerjaan, benda, kata sifat, dan masih banyak lagi.

Selain menggunakan buku, juga dapat menggunakan youtube atau video movie. Ajak anak-anak menulis ulang apa yang dilihat dan mempresentasikan kembali didepan teman sekelasnya. Misalnya siswa melihat sebuah film di youtube, sebelum menonton beri arahan kepada siswa untuk memperhatikan dengan baik film yang ditonton dan menuliskan minimal 10 kosa kata baru yang didapat dari film yang ditonton, ini berarti membantu siswa mengaktifkan indera pendengarannya.

Setelah mendapatkan kosa kata baru, guru dapat mengajak siswa untuk membuat sebuah kalimat, atau menceritakan kembali is film pendek yang baru saja dilihat dengan bahasa mereka, atau dapat juga menuliskan kembali jalan cerita dari film yang baru saja dilihat dengan susunan, permulaan, pertengahan dan akhir cerita.

Permulaan dapat dimulai dengan menceritakan tokoh dan karakter setiap yang ada dalam cerita tersebut, sedangkan pertengahan adalah menceritakan tentang isi cerita film tersebut, sementara akhir cerita dapat diisi dengan saran dan pendapat siswa tentang karakter yang ada difilm tersebut atau kesimpulan pesan apa yang dapat diambil dari film tersebut.

Selain menggunakan movie juga dapat menggunakan lagu, ini lebih familiar dengan para siswa, misalnya sebuah lagu anak-anak yang dihilangkan beberapa lyricnya, dengan menggunakan radio atau komputer siswa mendengarkan lagunya secara lengkap, dan siswa mengisi lyric lagu yang kurang lengkap sesuai dengan lagu yang didengarkan oleh siswa.

Selain mendapatkan kosa kata baru, juga dapat membantu siswa untuk mengucapkan kata dalam bahasa inggris dengan baik, setelah mereka banyak mendengar lagu, dan melihat film. Blajar bahasa inggris menjadi lebih menyenangkan.

 

Identitas Penulis :

image

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia
0 Blogger
Tweets
Komentar

Posting Komentar

.