Sebagai pengajar Fisika sudah tak terhitung kiranya dihadapkan dengan pertanyaan, “Mengapa bisa suka Fisika?” atau “Mengapa memilih jadi guru Fisika. Fisika kan sulit? Membosankan?” Kemudian meluncurlah sederetan pandangan menyeramkan seputar mata pelajaran yang satu ini. Awalnya, semangat sekali menjelaskan tentang asyiknya Fisika secara normatif. Tapi selau saja ada bantahan. Maklum memang sudah terdoktrin di masyarakat bahwa Fisika itu ibarat monster. Untuk membantah anggapan tersebut, maka sebagai pendidik dipandang perlu berupaya untuk mengubah mind set siswa tentang “Fisika itu sulit dan membosankan” pada siswa. Katakanlah kata-kata positif (say to them positive words) dan jangan pernah mengatakan kata-kata negatif (negative words) pada siswa. Yang tak kalah pentingnya sebagai pendidik harus berani merubah dan memperbaiki sikap maupun metode mengajar yang selama ini dilakukan dalam mengajarkan fisika, sehingga pelajaran fisika menjadi lebih mudah dan disenangi siswa.
Bagi pendidik, mengajar itu ibarat skenario dalam film. Tidak akan ada film yang baik dan enak ditonton tanpa skenario yang baik. Begitu pula, tidak akan ada pembelajaran yang berhasil tanpa persiapan yang benar. Kehadiran teknologi infomasi khususnya dunia internet saat ini sangat membantu pendidik untuk lebih total mengajarkan konsep-konsep dan hukum-hukum Fisika. Pemanfaatan Teknologi Informasi yang dibuat layaknya sebuah sajian film untuk pembelajaran fisika. Tentu saja hal ini harus didukung dengan kompetensi guru dalam menguasai Teknologi Informasi. Sudah sepatutnya guru tidak GAPTEK, karena banyak manfaat yang didapat dari Teknologi Informasi untuk dunia pendidikan. Dengan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi maka konsep fisika yang abstrak dan sulit dipahami, menjadi mudah dipahami dan menyenangkan.
Berikut ini adalah salah satu contoh pengalaman penulis ketika melakukan perencanaan mengajar materi Fluida Statis pada Pokok Bahasan Tekanan Hidrostatis. Adapun langkah-langkah yang dilakukan penulis sebagai berikut :
A. Sebelum melakukan KBM :
- Membuat diktat atau modul Materi pelajaran Fluida Statis dengan bahasa yang mudah dipahami siswa.
- Membuat alat peraga untuk menjelaskan pemahaman Fluida Statis khususnya konsep Tekanan Hidrostatis, dengan disertai praktikum sederhana yang dilakukan saat KBM berlangsung dengan melibatkan siswa di kelas.
- Membuat Power point tentang Materi Fluida Statis Pokok Bahasan Tekanan Hidrostatis (bisa juga melihat dari internet kemudian dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pendidik). Hal ini dilakukan agar saat Proses Belajar Mengajar berlangsung siswa paham dengan konsep yang diberikan dan ketepatan waktu sesuai dengan RPP.
- Setelah Persiapan penguasaan Materi ajar, persiapan pembuatan media dan alat peraga selesai, pendidik mencobakan apa yang telah dipersiapkan dengan melakukan uji coba mengajar (membuat video amatir sendiri) , hal ini dimaksud agar penulis mengetahui ketepatan alokasi waktu penyampain materi, dan kekurangan sikap saat penyajian materi berlangsung.
- Memberikan quiz interaktif, yaitu dengan membaca soal satu persatu dan siswa langsung menjawab.. penulis berikan waktu yang terbatas untuk menjawab soal tersebut.
- Memberikan Pekerjaan Rumah (PR) secara individu berupa soal-soal latihan diakhir penyampaian materi dan memberikan tugas kelompok berupa pembuatan video praktikum Tekanan Hidrostatis
- Penulis melakukan evaluasi terhadap cara mengajar, dilakukan dengan memberikan questioner pada siswa terhadap cara mengajar penulis.
- Menyiapkan Kamera untuk mendokumentasikan saat KBM berlangsung. Kegunaannya :
- Untuk siswa: jika siswa belum paham materi yang disampaikan atau siswa tidak hadir di kelas, maka siswa dapat melihat ulang video penayangan saat KBM .
- Untuk pendidik : sebagai acuan dan koreksi diri jika ada kekurangan saat KBM berlangsung
- Mencatat point-point yang akan disampaikan sebelum KBM Berlangsung
B. Saat KBM berlangsung :
- Menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Diawal pelajaran, memberi salam dan mengabsen siswa dengan sikap yang ramah. mereview pembelajaran terdahulu, Saat mulai masuk ke materi Fluida Statis, mengusahakan untuk “masuk ke dunia siswa” kemudian “mengajak mereka ke dunia Fisika” (prinsip Quantum Teaching). Menceritakan terlebih dahulu analogi yang berhubungan dengan dunia siswa apa itu tekanan hidrostatis , barulah di jelaskan hal–hal yang rumit semudah mungkin dengan bantuan alat peraga maupun power point.
- Menyampaikan materi fluida dengan singkat dan memberikan point-point penting dengan sistem ajar yang interaktif berupa tanya jawab dan peragaan alat yang telah disediakan. (Dengan bantuan siswa untuk melakukan peragaan alat saat proses KBM berlangsung) ,sedangkan untuk penjelasan lebih detail penulis menggunakan soal-soal latihan. Dengan memilih soal-soal sedemikian rupa sehingga siswa akan mengerti materi yang telah disampaikan sebelumnya secara bertahap, Namun perlu diketahui, jika ingin menjelaskan materi dengan singkat maka pendidik harus menguasai materi dengan baik.
- Menjaga kondusivitas kelas , adakalanya kita menemukan sebagian kelas yang siswa-siswinya superaktif, tetapi sebagian kelas lainnya superpasif. Hindari keduanya!. Hal ini untuk menjaga komunikasi tetap terjaga dengan baik. Agar kelas tetap dalam keadaan kondusif, maka pendidik harus bersikap tegas, namun di sisi lain bersikap bersahabat dan menjadi pribadi yang menyenangkan buat siswa siswi. Jadi dapat disimpulkan bahwa selama kegiatan belajar-mengajar berlangsung, suasana kelas harus tetap nyaman bagi siswa-siswi dan pengajar, namun sekaligus harus tetap dalam keadaan yang kondusif.
- Menjaga komunikasi yang baik saat KBM berlangsung. Pada saat siswa sedang mengerjakan soal latihan, penulis berjalan menghampiri siswa satu persatu dengan memperhatikan cara siswa mengerjakan soal, jika siswa menyelesaikan soal dengan benar maka penulis memberikan tanda ceklis, jika siswa melakukan kesalahan maka penulis membimbing siswa untuk mengerjakan soal hingga siswa menjawab dengan benar. Selanjutnya selalu memberikan motivasi ataupun pujian sehingga siswa semangat dalam belajar.
- Memberikan nilai dan reward pada siswa. Jika seorang siswa mendapat nilai baik, hampir dapat dipastikan dia akan “jatuh cinta” dengan pelajaran tersebut. Berdasarkan pada fakta ini, disarankan untuk membiarkan siswa-siswi senang dan bangga terhadap nilai-nilai mereka. Namun di sisi yang lain, pendidik harus bijaksana dalam memberikan nilai, jangan membiarkan siswa mendapatkan nilai yang baik namun sebenarnya mereka tidak mengerti materi dengan baik. Memberikan reward bila siswa membuat tugas atau alat peraga terbaik adalah salah satu kiat penyemangat yang ampuh.
Izinkan penulis menceritakan salah satu pengalamannya mengenai hal ini. Setelah skenario dibuat layaknya sutradara, penulis mempraktikkan di depan kelas sesuai dengan skenario yang telah dibuat. Sebelumnya penulis juga membuat point-point penting yang harus disampaikan di kelas. Pada saat KBM berlangsung, penggunaan multimedia Power point sangat membantu siswa menjadi lebih fokus dan materi yang diajarkan sesuai KTSP. Didukung dengan penyediaan alat peraga yang melibatkan siswa.
Memberikan perhatiaan saat siswa mengerjakan soal adalah salah satu langakah jitu untuk memotivasi siswa. Bila siswa melakukan kesalahan, maka pendidik membimbing hingga menemukan jawaban yang tepat. Jika siswa menjawab, benar maka pekerjaan siswa diberi tanda ceklis dan poin.
Memberikan tugas kelompok membuat video praktikum dengan alat-alat barang bekas. Dan memberikan reward berupa nilai praktik yang hasilnya bagus. Siswa antusias dan semangat mengerjakannya, hasilnya pun sungguh luar biasa. Ternyata pengetahuan siswa tentang Teknologi Informasi sangat bagus, terbukti dengan penayangan videonya siswa mampu memodifikasi power point dan suara maupun musik yang sangat sesuai.
Pada suatu keadaan tertentu, kadang penulis merasa perlu memberikan poin-poin yang berfungsi untuk menambah nilai ulangan mereka. Salah satu cara untuk memperoleh poin tersebut adalah dengan memberikan satu soal diberikan dan membiarkan mereka mengerjakannya dengan diizinkan membuka catatan mereka, namun tidak boleh bekerja sama dengan teman-temannya. Hal ini bertujuan agar mereka mengecek diri mereka sendiri apakah mereka sudah mempunyai catatan yang lengkap dan mengerti dengan catatan mereka. Kemudian, setelah waktu tertentu, hasil kerja siswa-siswi dikumpulkan dan langsung diberikan poin. Begitu seterusnya dengan memvariasikan soal mulai dari yang dasar dan terkadang dapat pula disisipkan soal-soal “sulit atau menantang” (soal-soal “menantang” tidak perlu menjadi fokus, karena tujuan belajar di kelas bukan untuk mencetak siswa-siswi yang ahli, namun siswa-siswi yang paham dan tertarik pada materi). Selain itu, dapat juga divariasikan dengan mengerjakan soal dengan catatan tertutup, ini untuk melatih mereka dalam kondisi test. Dengan demikian siswa-siswi akan mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu nilai tes baik dan penguasaan materi pun baik.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan keberhasilan dalam mengajar terletak pada pendidik, baik sikap maupun kemampuan penguasaan materi, penyediaan media dan alat pelajaran. Selain itu perlu perencanaan dan skenario yang tepat agar KBM berjalan dengan baik. Memberikan reward bila siswa membuat tugas atau alat peraga terbaik. Dan hasil yang diharapkan siswa senang dengan materi yang disampaikan sehingga siswa mudah memahami konsep materi yang diajarkan .
Sip... sukses temans, ayo terus berinovasi
BalasHapusSIP... mari kita berkreasi dan berinovasi..
BalasHapusSangat inspiratif
BalasHapusFisika itu Mudah
BalasHapusSangat Inspiratif sekali...
BalasHapusMenuju kurikulum harus kreatif dan inovatif teman
BalasHapusSIP temans... sangat inspiratif
BalasHapusAyuk kita tingkatkan kinerja kita demi anak didik kita
BalasHapusTOP...
BalasHapusJika cara mengajar seperti ini, siswa pasti akan nyaman senang dan mudah memahami FISIKA... Jadi pingin balik ke bangku SMA lagi...
Trims ya Nur, inspirasinya
SUKSES selalu buatmu,
trims jeng ...dukunganya, yuk kita kembali ke sma..
Hapustapi cuma berkunjung aja tentunya
Bismillah semoga bermanfaat
BalasHapusSelamat dan sukses ya atas penayangan artikel ini
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusSemoga bermanfaat
BalasHapustrims... nurezka
BalasHapusBismillah semoga bisa
BalasHapusSangat inspiratif...
BalasHapusBLOG yg sangat menggoda....
BalasHapusJeng, makasih suportnya ya...
BalasHapusBu wida, mari kita sama sama bergandeng tangan memajukan pendidikan ini dengan berkreasi dan berinovasi
BalasHapusNuy... ajari aku bikin Blog seperti ini ya, kalau buat pelajaran sosiologi bisa engga?
BalasHapusUwa... siap ua, ntar kita bareng2 bikin karya untuk meningkatkan belajar siswa
BalasHapusNuy, sip sangat kreatif, dengan begitu siswa-siswi tidak merasa takut dan bosan dengan pelajaran fisika. sukses ya
BalasHapustrims bu nunung, mari kita merubah min set siswa bahwa fisika itu sulit
HapusSyukur alhamdulillah bu Nur, akhirnya tayang juga artikel ini. Luar biasa jika semua pendidik melakukan perubahan dalam proses pembelajaran. selamat dan sukses ya...
BalasHapusNuhun uni, berkat dirimu juga artikel ini tayang...
Hapussip nuy ayo maju terus
BalasHapusSiap mamanya Fadhli...
Hapuskita songsong kurikulum 2013 dengan positif thinking
Bu Nur, terimakasih banyak...
BalasHapussangat menginspirasi sekali buat para pendidik
Yoga, sama sama
Hapustrimakasih sudah menjadi penerus ibu
semoga cepat lulus ya nak... sukses
salut dengan buguru yang mau bekerja dengan hati, timbul inovasi dan kreatifitas,
BalasHapusjadinya guru yang berkualitas! working is not just for money...
amin, makasih yo nik...
Hapusseiring dengan prihatinnya kondisi saat ini nik
maka kita harus panda2 mencari peluang agar siswa terpikat
dengan pelajaran
Mbak, terus maju untuk perubahan yang lebih baik
BalasHapusBu Nunung, trimakasih atas supor dan dukunganya,
BalasHapusmari kita bergandeng tangan menuju suatu perubahan yang lebih baik
Uni, nuhun nya motivasinya...
BalasHapusyuk kita kolaborasi antar mata pelajaran dengan kreasi
sehingga siswa merasa nyaman dan tidak bosan dengan pelajaran
Bu susi, sip...
BalasHapusyuk kita berlomba lomba meningkatkan kreatifitas
Yoga, sip...
BalasHapussukses untukmu
Nuy, selamat ya
BalasHapusayo tingkatkan kreatifitas kita ..
trimakasih bu susi...
HapusNuy, ijin share ke teman teman ya
BalasHapustrims banget
trms bu rita, mangga....jika mau di share ke teman teman, semoga bermanfaat
Hapusselamat dan sukses mbak...
BalasHapusmenginspirasi sekali
trims yo wid...
Hapustetap semangat
Dengan pembelajaran seperti ini, maka siswa akan merasa senang
BalasHapussehingga anggapan siswa bahwa belajar fisika itu sulit dan menakutkan hapuslah sudah
Benar bu Tian..
Hapuskita harus berusaha memperbaiki cara mengajar kita agar siswa lebih paham
Nuy, sebagai sutradara tentunya harus apal skenario..
BalasHapussip, sukses selalu
Trims, bu nunung doanya...
HapusBu Nur, semoga dengan kreasi dan inovasi bu nur ini menggugah teman2 kaum pendidik
BalasHapusuntuk berkreasi dan berinovasi...
go... go... go... kita songsong kurikulum 2013
go.. go... go...
Hapusayo ika... kita songsong kurikulum 2013 dengan penuh semangat
Nur,
BalasHapusdengan artikel ini samgat menginspirasi sekali buat kita..
ya belajar tentang blog, tentang powerpoint, tentang pemanfaatan media yang mempermudah dalam proses KBM
ditunggu artikel berikutnya...
sukses selalu
siap ika..
Hapustunggu tanggal mainnya ya...
Bu Nur, kapan kita bisa belajar seperti ini...
BalasHapusshare dong, terutama tentang pembuatan alat peraganya....
haturnuhun... sukses selalu buat adikku
siap mbak mbak..
Hapuspasti saya sharekan buat teman2 semua
Bu nur, ditunggu artikel berikutnya..
BalasHapusajarin dong kita kita....
siap bu nung..
HapusSelamat siang bu nur, tadi ada yang menanyakan dari sma lain
BalasHapuskok bisa bikin seperti itu caranya bagaimana?
katanya bagi dong ilmunya
Bu susi, boleh... nanti saya sampaikan bagaimana membuat alat peraganya
Hapusada kok keterangan proses pembuatannya beserta foto lengkap
saya tunggu...
Insya Allah siap bu susi, untuk alat perga saya siap bantu
Hapussiap bu susi saya siap bantu...
Hapuskapan saja ditunggu disekolah
wah budhe gaulll
BalasHapusneng.. harus mengikuti perkembangan jaman kan?
Hapuskapan les lagi sama budhe? ditunggu ya
Selamat ya bu dan terus melakukan terobosan2 demi terciptanya suasana belajar yang baik menyenangkan dan mudah dipahami siswa
BalasHapustrims hani cantik,
Hapusbelajar yang rajin ya... sukses Un nanti
Selamat ya bu atas ditayangkan artikel ini
BalasHapussemoga bermanfaat bagi kaum pendidik
Amin, trims yuli, ..... wah makin keren aja...
Hapussukses selalu untukmu
Alhamdulillah, sukses ya ibuku tercinta
BalasHapussakut atas kreatifitas ibu
Alhamdulillah juga, sukses untukmu kasep
HapusWah nur, apek tenan...
BalasHapusrangiro kono iso nulis, kapan muleh magelang? ojo lali anakku diajari yo
sukses yo nur, nek muleh mampir
Maturnuwun cik, kapan kapan nek muleh tak mampir
HapusNUr sukses ya, semoga bermanfaat bagi kaum pendidik
BalasHapusmakasih ua... sukses juga untuk ua
Hapusnur, sukses yo...
BalasHapuswah jan ra ngiro kono iso nulis apek...
la tak kiro isone mung muleh bandung magelang...
sukses yo nur, nek muleh mampir
ojo lali konco konco magelang yo ditulari nur
BalasHapussip wik
HapusBu Nur jangan lupa share ke teman teman karena ini adalah suatu ladang ibadah
BalasHapussukses ya
siap bu tian... trimakasih suportnya
HapusBu guru, wah jan top marketop tenan
BalasHapusnggarai pengen mbalek sma meneh, sukses yo bu guru
ciptakan karya terus kanggo arek arek sma
makasih yo mbakyu.... motivasinya
Hapusselamat pagi ibu
BalasHapussemoga banyak menambah manfaat bagi dunia pendidikan
sukses untuk bu Nur Widjajanti
amin, trims yuli..
Hapussukses juga untukmu
sukse bu..
BalasHapustrimakasih yuli, sukses juga untukmu
HapusSelamat bu...
BalasHapussemoga artikel ibu bisa bermanfaat bagi semua orang :)
ayu.... amin, makasih ya cantik...
Hapussemangat belajar yuk
Sukses ya bu nur
BalasHapusmakasih maida
HapusBu boleh jujur artikel yang ibu buat cukup menarik
BalasHapussemoga bisa menjadi ilmu buat saya kedepannya nanti
ditunggu artikel berikutnya ya bu
trims nurjandi motivasinya, yuk belajar lebih giat lagi
HapusSukses ya bu nur, semoga berhasil
BalasHapustrims bu sari.... sukses juga untuk ibu
Hapussemoga artikel ini bermanfaat bagi semua orang ya bu
BalasHapusditunggu artikel selanjutnya
Trumakasih Nurjandi, ayo ajak teman teman..
Hapusselamat bu nur, sangat inspiratif sekali
BalasHapustrimakasih pak slamet, sukses untuk bapak
Hapussangat inovatif dan kreatif sukses bu
BalasHapustrimakasih pak yuli, sukses untuk pak yuli
Hapusblognya kreatif banget, sukses ya bu terus berkarya
BalasHapustrimakasih myana yasmin ... yuk belajar lebih giat
Hapusbagus bu artikel nya :D semoga belajar fisika jadi gampang dan ga nyeremin , sukses juga buat blog nya bu.
BalasHapusbagus bu artikel nya :D semoga belajar fisika jadi gampang dan ga nyeremin , sukses juga buat blog nya bu.
BalasHapusbagus bu artikel nya :D semoga belajar fisika jadi gampang dan ga nyeremin , sukses juga buat blog nya bu.
BalasHapusTrimakasih Dinan....motivasinya
Hapusyuk belajar lebih giat lagi
alhamdulillah dengan adanya beberapa metode tersebut, anak-anak tidak akan menganggap fisika sebagai mata pelajaran yang menakutkan, dan dengan beberapa metode itu pula anak-anak akan lebih semangat belajar fisika. terimakasih ibu
BalasHapusAmirah nu geukus tea,,,, trimakasih sayang motivasinya
Hapusyuk belajar lebih giat lagi
sukses selalu :)
BalasHapusIlyas nu kasep tea, X-1 kan hehehe
Hapustrimakasih motivasinya
X1 memang oke
Bu semoga artikel ini dapat membantu seluruh siswa amin
BalasHapusmufid trims ya... kelas X3 bukan???.....
Hapusartikel nya bagus bu , belajar jadi tambah semangat , jadi senang belajar fisika
BalasHapusSifa Ariandhani, makasih sayang motivasinya.....
Hapusyuk jadikan belajar fisika itu menyenangkan
semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua dan menambah ilmu bagi kita dahsyaaaaat!!
BalasHapusAmin, trims zulhelmi
Hapusartikel nya bagus bu semoga artikel ibu dapat terus berguna bagi seluruh siswa....
BalasHapusAmin trims, astri cantik...
Hapussemangat belajar yuk
bagus bu buat murid-murid jadi suka fisika:)
BalasHapusMakasih putri cantik
Hapusartikel ibu menarik jadi semangat buat belajar fisika :)
BalasHapusTrims, zita cantik... yuk mulai rajin belajar
Hapusartikelnya bagus, bisa menambah ilmu bagi kita.
BalasHapusHai fadil ganteng, trims ya motivasinya.... rajin belajar ya
HapusBagus ini bu, semoga artikelnya jadi manfaat buat semua
BalasHapusartikelnya sangat bagus bu
BalasHapusAlhamdulillah amin, trims ya rita cantik
HapusBagus bu artrikelnya, semoga bermanfaat
BalasHapusBagus artikelnya bu, semoga bermanfaat
BalasHapusBagus artikelnya bu, semoga bermanfaat
BalasHapusbagus bu artikelnya, dan semangat ya bu
BalasHapushai nadita manis, dita juga semangat belajarnya ya.... okey...
HapusJadi seemingat nih bu belajar fisikanya artikelnya keren bu sukses terus ya bu laffyou hehe
BalasHapusvera imut dan manizzzz.... semangat belajar ya... luv yu tuuu....
HapusJadi nambah semangat nih bu belajar fisikanya artikelnya keren sukses terus ya bu laffyou hehe
BalasHapusbagus bu artikelnya, sukses selalu ya bu
BalasHapushai dinda cantik, makasih ya sayang
Hapusbagus artikelnya dan sangat bermanfaat bagi pembaca. semoga sukses ya bu :D
BalasHapusILham ... semangat belajar ,,, trimakasih
Hapusabsen bu faris, sukses bu artikelnya.....
BalasHapusFaris.... sip, trims ya ganteng, awas lo kalau pulang Kerawang jangan lupa oleh olehnya
Hapusartikelnya menarik bu ....
BalasHapusselvia trims ya cantik
Hapussangat membantu dan menarik
BalasHapusVazio, akhirnya berhasil kan? rajin belajar.... okey
Hapusartikelnya keren.. :D
BalasHapusfeliks.... trims ya kasep, pinter
Hapusartikelnya menarik jadi enak dibacanya ,rangkuman nya juga menarik bu :)
BalasHapustrims fika, semangat belajar ya
Hapusbagus artikelnya menarik banget
BalasHapusdhimas... trims ya
Hapuswow deh!! keren banget b(^-^)d
BalasHapusAgung.... sippp rajin belajar okey kasep?
Hapusbagus bu lanjutkan! :))
BalasHapustrims abdul... semangat !!!!!!!
HapusBaguss ibu artikelnya hebat. kayaknya kalau di ajarin fisika sama ibu bakal ngerti materi fisika nya dan mudah di pahami :) semoga blognya bermanfaat .
BalasHapustrimakasih yogi, ayo semangat belajar juga
HapusBu saya Rosita X-4 hadir bu....
BalasHapussukses ya bu
iya... rosita cantik, trims ya
HapusIbu artikelnya sangat membatu mira :) Makasih bu, semoga bermanfaat juga bagi yang membacanya. amin
BalasHapussip.... mira, semoga lebih mudah belajar fisika
Hapustrims mira
artikelnya cukup menarik bu , tambah maju blognya bu!! ^^9
BalasHapusdahsyat!poll banget bu artikel blog nya semoga bermanfaat untuk para murid dan bloger :D
BalasHapus@agung nugraha x.3
luarr biasa bu jadi membuat para murid mengerti fisika...
BalasHapusWah artikelnya keren sekali
BalasHapuskalau begini jadi senang deh dengan pelajaran fisika
Ibu, selamat bu ... sukses buat ibu
BalasHapuskita kita jadi senang nih belajar dengan ibu
Ibu nur.. sip tambah semangat belajar fisika nih
BalasHapusDengan adanya metoda mengajar yang menyenangkan maka belajar jadi terasa mudah
BalasHapussukses bu nur widjajanti
selamat ya bu nur... menginspirasi sekali
BalasHapussalut deh dengan ibu yang punya ide ... semangat ya bu
BalasHapusIbu ini miaputri kelas X-2...
BalasHapusartikelnya bagus bu, sukses untuk ibu
Ibu nur, saya kelas X-2 hadir... sukses ya bu
BalasHapusIbu nur, saya Ashrul kelas X-2 bu... hadiiiiirrrr
BalasHapussukses untuk ibu
Ibu saya thiatiwi kelas X-2 ijin hadir bu
BalasHapusartikelnya keren
IBuuuuuu.... ini ghina bu, absen hadir ya bu
BalasHapuswah artikelnya sangat menginspirasi sekali sukses ya bu
Ibu saya Rezky X-2, ijin hadir...
BalasHapussemoga bermanfaat bu artikelnya
Ibu saya Wanda X-3 hadir bu....
BalasHapusartikelnya wao keren
Ibuku dan walikelasku.... saya Tri Utari Handayani X3
BalasHapusartikelnya mantabssss...
jadi nggak takut belajar fisika jika cara mengajarnya seperti ini
Ibu syarifah kelas X3 hadir bu
BalasHapusartikelnya keren
Wah artikelnya keren bu
BalasHapusjadi semangat masuk ipa....
dahsyat bu artikelnya poll banget dan mudah masuk ke otak, semoga manffat sama yang lain bu :D amin
BalasHapusAsalamualaikum bu...
BalasHapusKok faris gak di komentar lagi sama ibu?? :(
Ibu nur saya Puji X2...
BalasHapussip bu artikelnya, sukses ya
Ibu saya neng riska X-1 hadir.... wah sip deh bu artikelnya
BalasHapusIbu abdi, Renaldi kelas X-1
BalasHapusartikelnya keren bu
Ibu nur, saya citra bu.... wah artikelnya bagus bu
BalasHapussemoga kita2 jadi lebih enjoy belajar
Ibu artikelnya menarik, kita kita jadi semangat belajar fisika
BalasHapus(neng riska X-1)
Gilang Fauzi kelas X-1...
BalasHapusartikelnya keren bu, jadi pengen masuk IPA
wah bu... keren banget artikelnya, jadi kita kita pengen masuk IPA nih
BalasHapusIbu ini Ayu bu X1
BalasHapusartikelnya keren... jadi semangat masuk ipa nih bu
Ibu saya Bob sakan X-3 bu...
BalasHapusartikelnya membuat saya jadi pengen masik ipa nih bu...
Ibu saya Anis X-3
BalasHapusArtikelnya sangat inspiratif sekali bu
semoga dengan cara belajar seperti ini menjadikan fisika pelajaran yang menyenangkan
Yabes X-3 bu
BalasHapusartikelnya keren bu
jadi semangat belajar jika semua pengajar seperti ini
Ibu Nur Widjajanti....
BalasHapusDengan cara bekajar seperti ini rasanya sangat menyenagkan dan jadi mudah dupahami....
ibu, asyik dong belajar dengan cara belajar seperti ini
BalasHapussukses bu....
saya Shita dari kelas X-3. Arikelnya bagus bu, jadi semangat belajar fisika apalagi sama ibu kayanya tambah semangat ya bu hehe.. terus berjuang ya bu ^^ :)
BalasHapusIbu Nur, saya Abduk fatah kelas X-1
BalasHapusartikelnya menarik... dengan cara belajar seperti ini Abdul jadi pengen masuk IPA bu
artikelnya sangat menarik
BalasHapuswah sip ibu, membuat grace pengen masuk IPA
BalasHapusIbu Nur Wijayanti... wah kalau cara belajarnya begini seneng sekali bu
BalasHapusibu nur.... fisika jadi terasa mudah jika cara belajarnya seperti ini
BalasHapuss
Dengan belajar fisika cara ibu wah jadi pengen masuk IPA nih bu...
BalasHapusibu nur wijayanti...
BalasHapuskeren banget artikelnya, coba dari dulu kita belajar fisika sengan cara ibu
maka belajar akan terasa menyenangkan
Bu Nur, sip...
BalasHapuskreatif dan inovatif