BEGITU MUDAH DAN MENYENANGKAN MEMAHAMI FISIKA ALA SANG SUTRADARA | Formulasi
Minggu, 17 Februari 2013

BEGITU MUDAH DAN MENYENANGKAN MEMAHAMI FISIKA ALA SANG SUTRADARA

Baca Juga : fisika, fisika multimedia, lomba, lomba guru, lomba menulis guru, materi multimedia fisika, multimedia fisika, pelajaran fisika

Sebagai pengajar Fisika sudah tak terhitung kiranya dihadapkan dengan pertanyaan, “Mengapa bisa suka Fisika?” atau “Mengapa memilih jadi guru Fisika. Fisika kan sulit? Membosankan?” Kemudian meluncurlah sederetan pandangan menyeramkan seputar mata pelajaran yang satu ini. Awalnya, semangat sekali menjelaskan tentang asyiknya Fisika secara normatif. Tapi selau saja ada bantahan. Maklum memang sudah terdoktrin di masyarakat bahwa Fisika itu ibarat monster. Untuk membantah anggapan tersebut, maka sebagai pendidik dipandang perlu berupaya untuk mengubah mind set siswa tentang “Fisika itu sulit dan membosankan” pada siswa. Katakanlah kata-kata positif (say to them positive words) dan jangan pernah mengatakan kata-kata negatif (negative words) pada siswa. Yang tak kalah pentingnya sebagai pendidik harus berani merubah dan memperbaiki sikap maupun metode mengajar yang selama ini dilakukan dalam mengajarkan fisika, sehingga pelajaran fisika menjadi lebih mudah dan disenangi siswa.

Bagi pendidik, mengajar itu ibarat skenario dalam film. Tidak akan ada film yang baik dan enak ditonton tanpa skenario yang baik. Begitu pula, tidak akan ada pembelajaran yang berhasil tanpa persiapan yang benar. Kehadiran teknologi infomasi khususnya dunia internet saat ini sangat membantu pendidik untuk lebih total mengajarkan konsep-konsep dan hukum-hukum Fisika. Pemanfaatan Teknologi Informasi yang dibuat layaknya sebuah sajian film untuk pembelajaran fisika. Tentu saja hal ini harus didukung dengan kompetensi guru dalam menguasai Teknologi Informasi. Sudah sepatutnya guru tidak GAPTEK, karena banyak manfaat yang didapat dari Teknologi Informasi untuk dunia pendidikan. Dengan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi maka konsep fisika yang abstrak dan sulit dipahami, menjadi mudah dipahami dan menyenangkan.

Berikut ini adalah salah satu contoh pengalaman penulis ketika melakukan perencanaan mengajar materi Fluida Statis pada Pokok Bahasan Tekanan Hidrostatis. Adapun langkah-langkah yang dilakukan penulis sebagai berikut :

A. Sebelum melakukan KBM :

  1. Membuat diktat atau modul Materi pelajaran Fluida Statis dengan bahasa yang mudah dipahami siswa.
  2. Membuat alat peraga untuk menjelaskan pemahaman Fluida Statis khususnya konsep Tekanan Hidrostatis, dengan disertai praktikum sederhana yang dilakukan saat KBM berlangsung dengan melibatkan siswa di kelas.
  3. Membuat Power point tentang Materi Fluida Statis Pokok Bahasan Tekanan Hidrostatis (bisa juga melihat dari internet kemudian dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pendidik). Hal ini dilakukan agar saat Proses Belajar Mengajar berlangsung siswa paham dengan konsep yang diberikan dan ketepatan waktu sesuai dengan RPP.
  4. Setelah Persiapan penguasaan Materi ajar, persiapan pembuatan media dan alat peraga selesai, pendidik mencobakan apa yang telah dipersiapkan dengan melakukan uji coba mengajar (membuat video amatir sendiri) , hal ini dimaksud agar penulis mengetahui ketepatan alokasi waktu penyampain materi, dan kekurangan sikap saat penyajian materi berlangsung.
  5. Memberikan quiz interaktif, yaitu dengan membaca soal satu persatu dan siswa langsung menjawab.. penulis berikan waktu yang terbatas untuk menjawab soal tersebut.
  6. Memberikan Pekerjaan Rumah (PR) secara individu berupa soal-soal latihan diakhir penyampaian materi dan memberikan tugas kelompok berupa pembuatan video praktikum Tekanan Hidrostatis
  7. Penulis melakukan evaluasi terhadap cara mengajar, dilakukan dengan memberikan questioner pada siswa terhadap cara mengajar penulis.
  8. Menyiapkan Kamera untuk mendokumentasikan saat KBM berlangsung. Kegunaannya :
    • Untuk siswa: jika siswa belum paham materi yang disampaikan atau siswa tidak hadir di kelas, maka siswa dapat melihat ulang video penayangan saat KBM .
    • Untuk pendidik : sebagai acuan dan koreksi diri jika ada kekurangan saat KBM berlangsung
  9. Mencatat point-point yang akan disampaikan sebelum KBM Berlangsung

image

B. Saat KBM berlangsung :

  1. Menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Diawal pelajaran, memberi salam dan mengabsen siswa dengan sikap yang ramah. mereview pembelajaran terdahulu, Saat mulai masuk ke materi Fluida Statis, mengusahakan untuk masuk ke dunia siswa” kemudian “mengajak mereka ke dunia Fisika” (prinsip Quantum Teaching). Menceritakan terlebih dahulu analogi yang berhubungan dengan dunia siswa apa itu tekanan hidrostatis , barulah di jelaskan hal–hal yang rumit semudah mungkin dengan bantuan alat peraga maupun power point.
  2. Menyampaikan materi fluida dengan singkat dan memberikan point-point penting dengan sistem ajar yang interaktif berupa tanya jawab dan peragaan alat yang telah disediakan. (Dengan bantuan siswa untuk melakukan peragaan alat saat proses KBM berlangsung) ,sedangkan untuk penjelasan lebih detail penulis menggunakan soal-soal latihan. Dengan memilih soal-soal sedemikian rupa sehingga siswa akan mengerti materi yang telah disampaikan sebelumnya secara bertahap, Namun perlu diketahui, jika ingin menjelaskan materi dengan singkat maka pendidik harus menguasai materi dengan baik.
  3. Menjaga kondusivitas kelas , adakalanya kita menemukan sebagian kelas yang siswa-siswinya superaktif, tetapi sebagian kelas lainnya superpasif. Hindari keduanya!. Hal ini untuk menjaga komunikasi tetap terjaga dengan baik. Agar kelas tetap dalam keadaan kondusif, maka pendidik harus bersikap tegas, namun di sisi lain bersikap bersahabat dan menjadi pribadi yang menyenangkan buat siswa siswi. Jadi dapat disimpulkan bahwa selama kegiatan belajar-mengajar berlangsung, suasana kelas harus tetap nyaman bagi siswa-siswi dan pengajar, namun sekaligus harus tetap dalam keadaan yang kondusif.
  4. Menjaga komunikasi yang baik saat KBM berlangsung. Pada saat siswa sedang mengerjakan soal latihan, penulis berjalan menghampiri siswa satu persatu dengan memperhatikan cara siswa mengerjakan soal, jika siswa menyelesaikan soal dengan benar maka penulis memberikan tanda ceklis, jika siswa melakukan kesalahan maka penulis membimbing siswa untuk mengerjakan soal hingga siswa menjawab dengan benar. Selanjutnya selalu memberikan motivasi ataupun pujian sehingga siswa semangat dalam belajar.
  5. Memberikan nilai dan reward pada siswa. Jika seorang siswa mendapat nilai baik, hampir dapat dipastikan dia akan “jatuh cinta” dengan pelajaran tersebut. Berdasarkan pada fakta ini, disarankan untuk membiarkan siswa-siswi senang dan bangga terhadap nilai-nilai mereka. Namun di sisi yang lain, pendidik harus bijaksana dalam memberikan nilai, jangan membiarkan siswa mendapatkan nilai yang baik namun sebenarnya mereka tidak mengerti materi dengan baik. Memberikan reward bila siswa membuat tugas atau alat peraga terbaik adalah salah satu kiat penyemangat yang ampuh.

Izinkan penulis menceritakan salah satu pengalamannya mengenai hal ini. Setelah skenario dibuat layaknya sutradara, penulis mempraktikkan di depan kelas sesuai dengan skenario yang telah dibuat. Sebelumnya penulis juga membuat point-point penting yang harus disampaikan di kelas. Pada saat KBM berlangsung, penggunaan multimedia Power point sangat membantu siswa menjadi lebih fokus dan materi yang diajarkan sesuai KTSP. Didukung dengan penyediaan alat peraga yang melibatkan siswa.

Memberikan perhatiaan saat siswa mengerjakan soal adalah salah satu langakah jitu untuk memotivasi siswa. Bila siswa melakukan kesalahan, maka pendidik membimbing hingga menemukan jawaban yang tepat. Jika siswa menjawab, benar maka pekerjaan siswa diberi tanda ceklis dan poin.

Memberikan tugas kelompok membuat video praktikum dengan alat-alat barang bekas. Dan memberikan reward berupa nilai praktik yang hasilnya bagus. Siswa antusias dan semangat mengerjakannya, hasilnya pun sungguh luar biasa. Ternyata pengetahuan siswa tentang Teknologi Informasi sangat bagus, terbukti dengan penayangan videonya siswa mampu memodifikasi power point dan suara maupun musik yang sangat sesuai.

image

Pada suatu keadaan tertentu, kadang penulis merasa perlu memberikan poin-poin yang berfungsi untuk menambah nilai ulangan mereka. Salah satu cara untuk memperoleh poin tersebut adalah dengan memberikan satu soal diberikan dan membiarkan mereka mengerjakannya dengan diizinkan membuka catatan mereka, namun tidak boleh bekerja sama dengan teman-temannya. Hal ini bertujuan agar mereka mengecek diri mereka sendiri apakah mereka sudah mempunyai catatan yang lengkap dan mengerti dengan catatan mereka. Kemudian, setelah waktu tertentu, hasil kerja siswa-siswi dikumpulkan dan langsung diberikan poin. Begitu seterusnya dengan memvariasikan soal mulai dari yang dasar dan terkadang dapat pula disisipkan soal-soal “sulit atau menantang” (soal-soal “menantang” tidak perlu menjadi fokus, karena tujuan belajar di kelas bukan untuk mencetak siswa-siswi yang ahli, namun siswa-siswi yang paham dan tertarik pada materi). Selain itu, dapat juga divariasikan dengan mengerjakan soal dengan catatan tertutup, ini untuk melatih mereka dalam kondisi test. Dengan demikian siswa-siswi akan mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu nilai tes baik dan penguasaan materi pun baik.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan keberhasilan dalam mengajar terletak pada pendidik, baik sikap maupun kemampuan penguasaan materi, penyediaan media dan alat pelajaran. Selain itu perlu perencanaan dan skenario yang tepat agar KBM berjalan dengan baik. Memberikan reward bila siswa membuat tugas atau alat peraga terbaik. Dan hasil yang diharapkan siswa senang dengan materi yang disampaikan sehingga siswa mudah memahami konsep materi yang diajarkan .

 image CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

272 Blogger
Tweets
Komentar
  1. Sip... sukses temans, ayo terus berinovasi

    BalasHapus
  2. SIP... mari kita berkreasi dan berinovasi..

    BalasHapus
  3. Menuju kurikulum harus kreatif dan inovatif teman

    BalasHapus
  4. SIP temans... sangat inspiratif

    BalasHapus
  5. Ayuk kita tingkatkan kinerja kita demi anak didik kita

    BalasHapus
  6. TOP...
    Jika cara mengajar seperti ini, siswa pasti akan nyaman senang dan mudah memahami FISIKA... Jadi pingin balik ke bangku SMA lagi...
    Trims ya Nur, inspirasinya
    SUKSES selalu buatmu,

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims jeng ...dukunganya, yuk kita kembali ke sma..
      tapi cuma berkunjung aja tentunya

      Hapus
  7. Selamat dan sukses ya atas penayangan artikel ini

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Bu wida, mari kita sama sama bergandeng tangan memajukan pendidikan ini dengan berkreasi dan berinovasi

    BalasHapus
  10. Nuy... ajari aku bikin Blog seperti ini ya, kalau buat pelajaran sosiologi bisa engga?

    BalasHapus
  11. Uwa... siap ua, ntar kita bareng2 bikin karya untuk meningkatkan belajar siswa

    BalasHapus
  12. Nuy, sip sangat kreatif, dengan begitu siswa-siswi tidak merasa takut dan bosan dengan pelajaran fisika. sukses ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims bu nunung, mari kita merubah min set siswa bahwa fisika itu sulit

      Hapus
  13. Syukur alhamdulillah bu Nur, akhirnya tayang juga artikel ini. Luar biasa jika semua pendidik melakukan perubahan dalam proses pembelajaran. selamat dan sukses ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nuhun uni, berkat dirimu juga artikel ini tayang...

      Hapus
  14. Balasan
    1. Siap mamanya Fadhli...
      kita songsong kurikulum 2013 dengan positif thinking

      Hapus
  15. Bu Nur, terimakasih banyak...
    sangat menginspirasi sekali buat para pendidik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoga, sama sama
      trimakasih sudah menjadi penerus ibu
      semoga cepat lulus ya nak... sukses

      Hapus
  16. salut dengan buguru yang mau bekerja dengan hati, timbul inovasi dan kreatifitas,
    jadinya guru yang berkualitas! working is not just for money...

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, makasih yo nik...
      seiring dengan prihatinnya kondisi saat ini nik
      maka kita harus panda2 mencari peluang agar siswa terpikat
      dengan pelajaran

      Hapus
  17. Mbak, terus maju untuk perubahan yang lebih baik

    BalasHapus
  18. Bu Nunung, trimakasih atas supor dan dukunganya,
    mari kita bergandeng tangan menuju suatu perubahan yang lebih baik

    BalasHapus
  19. Uni, nuhun nya motivasinya...
    yuk kita kolaborasi antar mata pelajaran dengan kreasi
    sehingga siswa merasa nyaman dan tidak bosan dengan pelajaran

    BalasHapus
  20. Bu susi, sip...
    yuk kita berlomba lomba meningkatkan kreatifitas

    BalasHapus
  21. Nuy, selamat ya
    ayo tingkatkan kreatifitas kita ..

    BalasHapus
  22. Nuy, ijin share ke teman teman ya
    trims banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. trms bu rita, mangga....jika mau di share ke teman teman, semoga bermanfaat

      Hapus
  23. selamat dan sukses mbak...
    menginspirasi sekali

    BalasHapus
  24. Dengan pembelajaran seperti ini, maka siswa akan merasa senang
    sehingga anggapan siswa bahwa belajar fisika itu sulit dan menakutkan hapuslah sudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bu Tian..
      kita harus berusaha memperbaiki cara mengajar kita agar siswa lebih paham

      Hapus
  25. Nuy, sebagai sutradara tentunya harus apal skenario..
    sip, sukses selalu

    BalasHapus
  26. Bu Nur, semoga dengan kreasi dan inovasi bu nur ini menggugah teman2 kaum pendidik
    untuk berkreasi dan berinovasi...
    go... go... go... kita songsong kurikulum 2013

    BalasHapus
    Balasan
    1. go.. go... go...
      ayo ika... kita songsong kurikulum 2013 dengan penuh semangat

      Hapus
  27. Nur,
    dengan artikel ini samgat menginspirasi sekali buat kita..
    ya belajar tentang blog, tentang powerpoint, tentang pemanfaatan media yang mempermudah dalam proses KBM
    ditunggu artikel berikutnya...
    sukses selalu

    BalasHapus
  28. Bu Nur, kapan kita bisa belajar seperti ini...
    share dong, terutama tentang pembuatan alat peraganya....
    haturnuhun... sukses selalu buat adikku

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mbak mbak..
      pasti saya sharekan buat teman2 semua

      Hapus
  29. Bu nur, ditunggu artikel berikutnya..
    ajarin dong kita kita....

    BalasHapus
  30. Selamat siang bu nur, tadi ada yang menanyakan dari sma lain
    kok bisa bikin seperti itu caranya bagaimana?
    katanya bagi dong ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu susi, boleh... nanti saya sampaikan bagaimana membuat alat peraganya
      ada kok keterangan proses pembuatannya beserta foto lengkap
      saya tunggu...

      Hapus
    2. Insya Allah siap bu susi, untuk alat perga saya siap bantu

      Hapus
    3. siap bu susi saya siap bantu...
      kapan saja ditunggu disekolah

      Hapus
  31. Balasan
    1. neng.. harus mengikuti perkembangan jaman kan?
      kapan les lagi sama budhe? ditunggu ya

      Hapus
  32. Selamat ya bu dan terus melakukan terobosan2 demi terciptanya suasana belajar yang baik menyenangkan dan mudah dipahami siswa

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims hani cantik,
      belajar yang rajin ya... sukses Un nanti

      Hapus
  33. Selamat ya bu atas ditayangkan artikel ini
    semoga bermanfaat bagi kaum pendidik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, trims yuli, ..... wah makin keren aja...
      sukses selalu untukmu

      Hapus
  34. Alhamdulillah, sukses ya ibuku tercinta
    sakut atas kreatifitas ibu

    BalasHapus
  35. Wah nur, apek tenan...
    rangiro kono iso nulis, kapan muleh magelang? ojo lali anakku diajari yo
    sukses yo nur, nek muleh mampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maturnuwun cik, kapan kapan nek muleh tak mampir

      Hapus
  36. NUr sukses ya, semoga bermanfaat bagi kaum pendidik

    BalasHapus
  37. nur, sukses yo...
    wah jan ra ngiro kono iso nulis apek...
    la tak kiro isone mung muleh bandung magelang...
    sukses yo nur, nek muleh mampir

    BalasHapus
  38. ojo lali konco konco magelang yo ditulari nur

    BalasHapus
  39. Bu Nur jangan lupa share ke teman teman karena ini adalah suatu ladang ibadah
    sukses ya

    BalasHapus
  40. Bu guru, wah jan top marketop tenan
    nggarai pengen mbalek sma meneh, sukses yo bu guru
    ciptakan karya terus kanggo arek arek sma

    BalasHapus
  41. selamat pagi ibu
    semoga banyak menambah manfaat bagi dunia pendidikan
    sukses untuk bu Nur Widjajanti

    BalasHapus
  42. Selamat bu...
    semoga artikel ibu bisa bermanfaat bagi semua orang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayu.... amin, makasih ya cantik...
      semangat belajar yuk

      Hapus
  43. Bu boleh jujur artikel yang ibu buat cukup menarik
    semoga bisa menjadi ilmu buat saya kedepannya nanti
    ditunggu artikel berikutnya ya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims nurjandi motivasinya, yuk belajar lebih giat lagi

      Hapus
  44. Sukses ya bu nur, semoga berhasil

    BalasHapus
  45. semoga artikel ini bermanfaat bagi semua orang ya bu
    ditunggu artikel selanjutnya

    BalasHapus
  46. selamat bu nur, sangat inspiratif sekali

    BalasHapus
  47. sangat inovatif dan kreatif sukses bu

    BalasHapus
  48. blognya kreatif banget, sukses ya bu terus berkarya

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih myana yasmin ... yuk belajar lebih giat

      Hapus
  49. bagus bu artikel nya :D semoga belajar fisika jadi gampang dan ga nyeremin , sukses juga buat blog nya bu.

    BalasHapus
  50. bagus bu artikel nya :D semoga belajar fisika jadi gampang dan ga nyeremin , sukses juga buat blog nya bu.

    BalasHapus
  51. bagus bu artikel nya :D semoga belajar fisika jadi gampang dan ga nyeremin , sukses juga buat blog nya bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih Dinan....motivasinya
      yuk belajar lebih giat lagi

      Hapus
  52. alhamdulillah dengan adanya beberapa metode tersebut, anak-anak tidak akan menganggap fisika sebagai mata pelajaran yang menakutkan, dan dengan beberapa metode itu pula anak-anak akan lebih semangat belajar fisika. terimakasih ibu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amirah nu geukus tea,,,, trimakasih sayang motivasinya
      yuk belajar lebih giat lagi

      Hapus
  53. Balasan
    1. Ilyas nu kasep tea, X-1 kan hehehe
      trimakasih motivasinya
      X1 memang oke

      Hapus
  54. Bu semoga artikel ini dapat membantu seluruh siswa amin

    BalasHapus
  55. artikel nya bagus bu , belajar jadi tambah semangat , jadi senang belajar fisika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sifa Ariandhani, makasih sayang motivasinya.....
      yuk jadikan belajar fisika itu menyenangkan

      Hapus
  56. semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua dan menambah ilmu bagi kita dahsyaaaaat!!

    BalasHapus
  57. artikel nya bagus bu semoga artikel ibu dapat terus berguna bagi seluruh siswa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin trims, astri cantik...
      semangat belajar yuk

      Hapus
  58. bagus bu buat murid-murid jadi suka fisika:)

    BalasHapus
  59. artikel ibu menarik jadi semangat buat belajar fisika :)

    BalasHapus
  60. artikelnya bagus, bisa menambah ilmu bagi kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai fadil ganteng, trims ya motivasinya.... rajin belajar ya

      Hapus
  61. Bagus ini bu, semoga artikelnya jadi manfaat buat semua

    BalasHapus
  62. Bagus bu artrikelnya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  63. Bagus artikelnya bu, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  64. Bagus artikelnya bu, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  65. bagus bu artikelnya, dan semangat ya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai nadita manis, dita juga semangat belajarnya ya.... okey...

      Hapus
  66. Jadi seemingat nih bu belajar fisikanya artikelnya keren bu sukses terus ya bu laffyou hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. vera imut dan manizzzz.... semangat belajar ya... luv yu tuuu....

      Hapus
  67. Jadi nambah semangat nih bu belajar fisikanya artikelnya keren sukses terus ya bu laffyou hehe

    BalasHapus
  68. bagus bu artikelnya, sukses selalu ya bu

    BalasHapus
  69. bagus artikelnya dan sangat bermanfaat bagi pembaca. semoga sukses ya bu :D

    BalasHapus
  70. absen bu faris, sukses bu artikelnya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faris.... sip, trims ya ganteng, awas lo kalau pulang Kerawang jangan lupa oleh olehnya

      Hapus
  71. Balasan
    1. Vazio, akhirnya berhasil kan? rajin belajar.... okey

      Hapus
  72. artikelnya menarik jadi enak dibacanya ,rangkuman nya juga menarik bu :)

    BalasHapus
  73. bagus artikelnya menarik banget

    BalasHapus
  74. wow deh!! keren banget b(^-^)d

    BalasHapus
  75. Baguss ibu artikelnya hebat. kayaknya kalau di ajarin fisika sama ibu bakal ngerti materi fisika nya dan mudah di pahami :) semoga blognya bermanfaat .

    BalasHapus
  76. Bu saya Rosita X-4 hadir bu....
    sukses ya bu

    BalasHapus
  77. Ibu artikelnya sangat membatu mira :) Makasih bu, semoga bermanfaat juga bagi yang membacanya. amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip.... mira, semoga lebih mudah belajar fisika
      trims mira

      Hapus
  78. artikelnya cukup menarik bu , tambah maju blognya bu!! ^^9

    BalasHapus
  79. dahsyat!poll banget bu artikel blog nya semoga bermanfaat untuk para murid dan bloger :D

    @agung nugraha x.3

    BalasHapus
  80. luarr biasa bu jadi membuat para murid mengerti fisika...

    BalasHapus
  81. Wah artikelnya keren sekali
    kalau begini jadi senang deh dengan pelajaran fisika

    BalasHapus
  82. Ibu, selamat bu ... sukses buat ibu
    kita kita jadi senang nih belajar dengan ibu

    BalasHapus
  83. Ibu nur.. sip tambah semangat belajar fisika nih

    BalasHapus
  84. Dengan adanya metoda mengajar yang menyenangkan maka belajar jadi terasa mudah
    sukses bu nur widjajanti

    BalasHapus
  85. selamat ya bu nur... menginspirasi sekali

    BalasHapus
  86. salut deh dengan ibu yang punya ide ... semangat ya bu

    BalasHapus
  87. Ibu ini miaputri kelas X-2...
    artikelnya bagus bu, sukses untuk ibu

    BalasHapus
  88. Ibu nur, saya kelas X-2 hadir... sukses ya bu

    BalasHapus
  89. Ibu nur, saya Ashrul kelas X-2 bu... hadiiiiirrrr
    sukses untuk ibu

    BalasHapus
  90. Ibu saya thiatiwi kelas X-2 ijin hadir bu
    artikelnya keren

    BalasHapus
  91. IBuuuuuu.... ini ghina bu, absen hadir ya bu
    wah artikelnya sangat menginspirasi sekali sukses ya bu

    BalasHapus
  92. Ibu saya Rezky X-2, ijin hadir...
    semoga bermanfaat bu artikelnya

    BalasHapus
  93. Ibu saya Wanda X-3 hadir bu....
    artikelnya wao keren

    BalasHapus
  94. Ibuku dan walikelasku.... saya Tri Utari Handayani X3
    artikelnya mantabssss...
    jadi nggak takut belajar fisika jika cara mengajarnya seperti ini

    BalasHapus
  95. Ibu syarifah kelas X3 hadir bu
    artikelnya keren

    BalasHapus
  96. Wah artikelnya keren bu
    jadi semangat masuk ipa....

    BalasHapus
  97. dahsyat bu artikelnya poll banget dan mudah masuk ke otak, semoga manffat sama yang lain bu :D amin

    BalasHapus
  98. Asalamualaikum bu...
    Kok faris gak di komentar lagi sama ibu?? :(

    BalasHapus
  99. Ibu nur saya Puji X2...
    sip bu artikelnya, sukses ya

    BalasHapus
  100. Ibu saya neng riska X-1 hadir.... wah sip deh bu artikelnya

    BalasHapus
  101. Ibu abdi, Renaldi kelas X-1
    artikelnya keren bu

    BalasHapus
  102. Ibu nur, saya citra bu.... wah artikelnya bagus bu
    semoga kita2 jadi lebih enjoy belajar

    BalasHapus
  103. Ibu artikelnya menarik, kita kita jadi semangat belajar fisika
    (neng riska X-1)

    BalasHapus
  104. Gilang Fauzi kelas X-1...
    artikelnya keren bu, jadi pengen masuk IPA

    BalasHapus
  105. wah bu... keren banget artikelnya, jadi kita kita pengen masuk IPA nih

    BalasHapus
  106. Ibu ini Ayu bu X1
    artikelnya keren... jadi semangat masuk ipa nih bu

    BalasHapus
  107. Ibu saya Bob sakan X-3 bu...
    artikelnya membuat saya jadi pengen masik ipa nih bu...

    BalasHapus
  108. Ibu saya Anis X-3
    Artikelnya sangat inspiratif sekali bu
    semoga dengan cara belajar seperti ini menjadikan fisika pelajaran yang menyenangkan

    BalasHapus
  109. Yabes X-3 bu
    artikelnya keren bu
    jadi semangat belajar jika semua pengajar seperti ini

    BalasHapus
  110. Ibu Nur Widjajanti....
    Dengan cara bekajar seperti ini rasanya sangat menyenagkan dan jadi mudah dupahami....

    BalasHapus
  111. ibu, asyik dong belajar dengan cara belajar seperti ini
    sukses bu....

    BalasHapus
  112. saya Shita dari kelas X-3. Arikelnya bagus bu, jadi semangat belajar fisika apalagi sama ibu kayanya tambah semangat ya bu hehe.. terus berjuang ya bu ^^ :)

    BalasHapus
  113. Ibu Nur, saya Abduk fatah kelas X-1
    artikelnya menarik... dengan cara belajar seperti ini Abdul jadi pengen masuk IPA bu

    BalasHapus
  114. wah sip ibu, membuat grace pengen masuk IPA

    BalasHapus
  115. Ibu Nur Wijayanti... wah kalau cara belajarnya begini seneng sekali bu

    BalasHapus
  116. ibu nur.... fisika jadi terasa mudah jika cara belajarnya seperti ini
    s

    BalasHapus
  117. Dengan belajar fisika cara ibu wah jadi pengen masuk IPA nih bu...

    BalasHapus
  118. ibu nur wijayanti...
    keren banget artikelnya, coba dari dulu kita belajar fisika sengan cara ibu
    maka belajar akan terasa menyenangkan

    BalasHapus
  119. Bu Nur, sip...
    kreatif dan inovatif

    BalasHapus

.