BINTANGKU DARI JAMBI | Formulasi
Kamis, 24 Januari 2013

BINTANGKU DARI JAMBI

Baca Juga : artikel, artikel guru, artikel pengalaman guru, cara hipnotis, hipnotis, jambi, lomba, lomba guru, lomba menulis guru, media pembelajaran, media pembelajaran powerpoint, powerpoint, provinsi jambi

Awalnya aku newbie dengan hal-hal yang berbau teknologi….

Maklum…letak sekolahku dipinggiran kota… untuk akses informasi dan teknologi rada-rada sulit.

Awalnya aku cukup merasa puas apabila dalam mengajar murid-muridku duduk tenang dan memperhatikan pelajaran yang sedang ku jelaskan…..

Awalnya… aku tidak begitu peduli dengan berbagai media….aku cukup menggunakan fasilitas yang ada di kelas dan buku paket sebagai peganganku dalam mengajar.

Sampai pada suatu waktu. Aku diminta oleh ibu dari salah seorang muridku untuk memberikan pelajaran tambahan kepada anaknya yang bernama “Bintang”. Setelah rundingan beberapa saat, akhirnya aku menerima tawaran tersebut.

Pada hari Rabu, sepulang sekolah, Bintang menemuiku dan bertanya “Pak, jadi gak Bapak ke rumah Bintang untuk ngasih les?”. “ya, jadi dong”, jawabku.

Setelah selesai aku memberikan pelajaran tambahan, Bintang mengajakku bermain game komputer. Aku ingat betul, saat itu aku diajak bermain game “Tebak Kata”.

Karena aku belum pernah memegang komputer dan aku tak tau cara menggunakan mouse, akhirnya aku hanya memperhatikan saja, tapi lama kelamaan aku penasaran dan ingin mencoba. Akhirnya dengan sabarnya, Bintang mengajariku cara memegang mouse.

Begitulah setiap seminggu tiga kali, aku mengajar les dan mendapat pelajaran tentang komputer dari Bintang. Tapi hal itu hanya berjalan selama 4 bulan, dan Bintang pun lulus SD dan melanjutkan ke SMP di kota lain.

Aku terpisah dari Bintang, tapi itu tak menyurutkan semangatku untuk belajar, akhirnya, aku serius belajar komputer, dua bulan setelah kursus, aku mendapat pelatihan pembuatan media pembelajaran dari salah satu lembaga pendidikan di kota ku. Berbekal ilmu yang kuperoleh dari Bintang, akhirnya aku bisa mengikuti penyampaian materi yang diberikan.

Subhanallah…..

Seminggu setelah pelatihan tersebut, aku di utus oleh Kementerian Agama Provinsi Jambi, untuk mengikuti kegiatan pertukaran guru Pendidikan Agama Islam, aku satu-satunya duta dari provinsiku. Antara bahagia dan takut, itu yang ku rasakan saat khabar itu ku terima. Bahagia karena akan mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman, dan takut dikarenakan pengetahuan ku tentang komputer yang minim.

Bismillah….

Aku yakin aku bisa…

Itulah kata-kata motivasiku saat itu,

Akhirnya aku berangkat mengikuti kegiatan tersebut dan di tugaskan di SD Negeri Anjasmoro Semarang. Disini aku mencoba membuat beberapa media pembelajaran sederhana dengan menggunakan microsoft PowerPoint.

Ternyata media sederhanaku mendapat tanggapan positif dari siswa dan dari pihak sekolah, ini yang membuat adrenalin ku terpacu untuk membuat multimedia pembelajaran yang lebih bagus.

clip_image002

clip_image004

Pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif

di SD Anjasmoro Semarang

Selama dua bulan aku bertugas di Semarang, aku mendapat banyak pelajaran dan pengalaman yang berarti. Tapi yang paling berkesan bagi ku, ketika aku mengajar menggunakan multimedia pembelajaran. Aku sadar, ternyata mengajar dengan melibatkan seluruh siswa dan membuat anak enjoy itu jauh lebih menyenangkan dan memuaskan.

Akhirnya, aku mulai serius merancang beberapa multimedia pembelajaran yang kelak akan aku terapkan kepada murid-muridku di daerah.

Setelah berakhir kegiatan pertukaran guru tersebut, aku mulai merobah cara mengajarku dari yang konvensional menjadi menyenangkan, sehingga murid-muridku tidak lagi hanya duduk manis di tempat duduknya dan memperhatikan aku berceramah menjelaskan materi pelajaran. Pembelajaran di kelas ku saat ini jauh lebih baik dan menyenangkan. Siswa terlibat langsung dalam aktivitas pembelajaran.

clip_image006

clip_image008

Pembelajaran dengan Menggunakan Multimedia Interaktif

di SD Negeri 70/IV Kota Jambi

Pada bulan Mei 2011, aku mengikuti kompetisi “Erlangga Teacher Of The Year 2011” se-Sumatera Bagian Selatan aku hanya masuk 20 besar, tapi tak membuat semangatku surut.

clip_image010

Pada bulan Juni 2011, salah satu multimedia pembelajaran yang telah ku buat, ku ikut sertakan dalam lomba kreasi model pembelajaran yang diadakan oleh Kementerian Agama, lolos di tingkat provinsi membuatku mendapatkan tiket untuk melaju ke tingkat nasional. Dengan kesungguhan dan tekad yang kuat, akhirnya aku berhasil menjadi Juara I tingkat nasional Lomba Kreasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis ICT tahun 2011.

clip_image012

clip_image014

Akhirnya, Bintangku mulai bersinar….

Aku yakin, tak ada yang tak bisa,

Dan tak ada yang tak mungkin

Walau usia sudah uzur….

Walau kata orang semua sudah terlanjut….

Walau nasih sudah jadi bubur…

Tapi…. Mari kita robah “bubur” tersebut menjadi “bubur ayam”…

Yang nilainya jauh lebih mahal dari hanya sekedar bubur biasa…..

clip_image016 CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

111 Blogger
Tweets
Komentar
  1. ceritanya sederhana tapi sangat menginspirasi..

    BalasHapus
  2. go...pak dirman, kami seluruh warga SD Negeri 70 mendukung mu

    BalasHapus
  3. Singkat, padat, menarik dan inspiratif

    BalasHapus
  4. Pertama : salam kenal...
    kedua : Artikelmu "biasa" aja. tapi intisarinya "luar biasa"

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali bu dari Jambi.salam untuk keluarga
      terimakasih atas penilaian ibu

      Hapus
  5. Ilu Asharuddin : terimakasih atas komentarnya

    BalasHapus
  6. RATUMAS HASNAH: terimakasih sudah mau membaca artikel saya, dan terimakasih juga atas komentarnya

    BalasHapus
  7. SD NEGERI 70/IV TANJUNG RADEN : thanks operator....terus dukung ya...heheh

    BalasHapus
  8. CHAIDIR KASIM: terimakasih banyak pak,

    BalasHapus
  9. FATMAH AJA (1) : salam kenal juga bu.

    BalasHapus
  10. FATMAH AJA (2) : terimakasih atas doa nya bu

    BalasHapus
  11. ini kisah pengalaman pak kemas sudirman yang sebenarnya ya? wah..tetap semangat ya pak kemas

    BalasHapus
  12. pak kemas sudirman, bisa di share ga' multimedia yang ditampilkan waktu ikut lomba kreasi model pembelajaran PAI berbasis ICT nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan senang hati bu, ini sedang di upload. ntar kalau sudah selesai upload insya Allah akan saya kasih linknya.

      Hapus
  13. ini alamat e-mailku : aina45@rocketmail.com

    BalasHapus
  14. dan buat teman-teman yang belum memberikan komentarnya, monggo... sangat dinantikan komentarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. buruan komentar...sebelum masanya berakhir...

      Hapus
  15. teruslah berinovasi, agar pendidikan di indonesia semakin maju

    BalasHapus
  16. wakau agak telat ku baca artikel ni, tapi tak apalah, "semua sudah menjadi bubur, tapi mari kita robah bubur tersebut menjadi bubur ayam, yang nilainya lebih mahal dari sekedar bubur biasa." enak banget aku membaca kata-kata itu, sambil ku resapi maknanya.

    BalasHapus
  17. hampir semua artikel pengalaman di web ini sudah ku baca, tapi artikel yg ne yg bahasanya enak dan santai untuk dibaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kalo begitu, jangan lupa share ke teman2 mu ya...

      Hapus
  18. jika guru sd ku dulu mengajarnya seperti pak kemas, pasti menyenangkan

    BalasHapus
  19. pingin kenal lebih jauh sama pak kemas, siapa tau bisa memperoleh pengetahuan lebih. mohon di respon ya pak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan senang hati raden. bisa lewat FB atau email atau blog sekolah kami

      Hapus
  20. maaf, agak banyak commentnya, karena rasa kagum

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak pa2, malah bagus. alangkah lebih bagusnya, kalau mengajak teman2 atau kenalanmu untuk membaca artikel ini dan memberikan komentarnya

      Hapus
  21. Balasan
    1. y raden, salam dari keluarga di Jambi, kalo bisa add FB pak dirman ya.

      Hapus
  22. ikutan komentar ya pak dirman.

    BalasHapus
  23. aku bingung mau komentar apa ni

    BalasHapus
  24. yg jls ku mau ucapin selamat aja buat bpk

    BalasHapus
  25. gag cma hanya nulis di blog ini aja

    BalasHapus
  26. semoga berhasil apa yg dah dicita2kan

    BalasHapus
  27. semoga terwujud apa yang dicita2kan

    BalasHapus
  28. aku sudah baca artikelnya, dan menarik

    BalasHapus
  29. lebih baik dibukukan karyanya pak, agar kita-kita calon guru dapat belajar dari pengalaman yang senior

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari kita sama-sama belajar dan saling berbagi rizki reza pahlevi

      Hapus
  30. semoga bermanfaat dan tertap berkarya untuk pendidikan

    BalasHapus
  31. Balasan
    1. salam kenal kembali dari kami semua di jambi

      Hapus
  32. di tunggu karya-karya berikutnya

    BalasHapus
  33. assalamu'alaikum warohamtullahiwabarokatuh ustadz
    masih ingat sama bintang ustadz?
    bintang sudah lama ingin mencari FB atau no contact ustadz, tapi semuanya nihil...
    alhamdulillah di web ini saya temukan kembali ustadz ku...
    itupun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam Wr,Wb.
      subhanallah.... bintang dimana sekarang nak?
      ustadz pun sudah lama mencari-cari bintang, termasuk bertanya kepada tetangga disekitar rumahmu yang lama. mereka hanya tau bintang pindah ke jakarta, tapi mereka dak punya nomor hp mu.
      alhamdulillah....

      Hapus
    2. Waalaikumsalam rawohmatullahiwabarakatuh
      subhanallah.... bintang... ustadz juga sudah dari dulu mencari-carimu. dan selalu bertanya ke tetanggamu di Jambi, mereka hanya bilang kalau bintang ikut papanya dan bersekolah di Jakarta, tapi mereka tak punya nomor HP mu.

      Hapus
  34. itupun bintang baru tau dari bobby juandry, yang kebetulan membaca artikel ustadz

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah nak, salam juga buat bobby ya. emang bobby sekolah dimana sekarang?

      Hapus
  35. sepertinya dalam cerita pengalaman ustadz, ada tokoh "bintang", apakah itu bintang pratama? hehehe....sepertinya ya, ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar nak. ustadz berterimakasih sekali atas pengalaman dan pengetahuan yang telah bintang berikan. sangat berharga sekali.

      Hapus
  36. ustadz tolong kasi alamat atau contact ustadz

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya nak....
      bintang bisa kirim no hp bintang ke e-mail ustadz
      boys_jump_bee@rocketmail.com

      Hapus
  37. artikel ustadz bagus, ternyata ustadz menjadi juara nasional ya? wah...selamat ya ustadz. bintang senang mendengarnya. semoga pada masa yang akan datang, ustadz tetap memiliki prestasi yang lebih baik

    BalasHapus
  38. jangan lupa diberi nomor contact nya ya ustadz

    BalasHapus
  39. Subhanallah...
    tidak ada hal yang paling membuatku bahagia saat ini, kecuali perjumpaan kembali dengan Bintangku....
    maha besar Allah, yang telah mempertemukan kembali antara aku dan muridku yang telah banyak memberikan pencerhan bagiku.
    terimaksih FORMULASI.....
    tadinya, cita-citaku menuliskan pengalaman ku di web formulasi karena tertarik akan hadiahnya "TABLET",.... tapi ternyata, hadiah yang ku dapatkan adalah sesuatu yang sangat tak ternilai harganya.... yaitu bintangku.
    Bagaikan sinetron....(tapi ini nyata dan bukan rekayasa),... di saat ending... disaat detik-detik terakhir, bintang pratama menemukan web formulasi, dan memberikan komentarnya disini.
    subhanallah
    allahuakbar....

    BalasHapus
  40. sukses selalu, semoga membawa berkah.amin

    BalasHapus

.