MEDIA PEMBELAJARAN LEZATNYA KUE HIJAIYYAH UNTUK SD/MI | Formulasi
Sabtu, 21 Desember 2013

MEDIA PEMBELAJARAN LEZATNYA KUE HIJAIYYAH UNTUK SD/MI

Baca Juga : belajar huruf hijaiyah, belajar huruf hijaiyah sd, download, download huruf hijaiyah, download media pembelajaran, download mpi, download sd, hijaiyah, huruf hijaiyah, media pembelajaran huruf hijaiyah, media pembelajaran sd, mpi, sekolah dasar

Seorang muslim yang ideal menggunakan Al Qur’an dan Hadits sebagai pegangan hidup. Belajar diawali dengan belajar membaca, memahami, mengamalkan hingga mendakwahkannya ke seluruh penjuru dunia. Inilah yang kita harapkan pada para siswa kita supaya menjadi muslim yang ideal.

Ibarat kertas putih, anak-anak kita akan mudah menyerap apapun yang mereka lihat, mereka dengar. Potensi inilah yang hendaknya kita manfaatkan untuk mengenalkan Al Qur’an sejak dini. Meskipun demikian, kita tahu dunia anak adalah dunia bermain, dunia imajinasi. Oleh karena itu, hendaknya kita mengemas pembelajaran dengan menarik. Semenarik saat mereka bermain.

clip_image002[16]Media Pembelajaran Interaktif (MPI) ini mengemas dasar pembelajaran Al Qur’an, yaitu mengenal huruf Hijaiyyah dengan unik dan asyik. Media ini diperuntukkan bagi siswa kelas 1 SD/MI. Dengan judul, Lezatnya Kue Hijaiyyah. Penyusun berharap anak-anak bisa menikmati belajar Al Qur’an selezat makan kue. Dalam hal ini, istilah “kue” sebagai stimulan dan motivasi pembelajaran.

Tujuan media ini adalah anak-anak mampu mengenal, membaca dan menulis huruf hijaiyyah. Menu yang bisa dipilih siswa dalam media ini antara lain :

1. MENGENAL yang berisi pengenalan huruf hijaiyyah yang dikemas dengan 6 kue yang pembagiannya diklasifikasi berdasarkan kemiripan huruf. (diambil dari Buku Belajar Al Qur’an Metode Asy-Syifa). Kemudian dalam mengenal setiap huruf, ditampilkan analogi bentuk dan cara membaca huruf, sehingga anak-anak dengan gaya belajar auditori dan visual akan sangat membantunya.

clip_image004[4]

clip_image006[8]

2. MEMBACA yang berisi praktek membaca huruf Hijaiyyah, diawali dengan mendengar dan mengikuti, kemudian anak-anak membaca mandiri.

clip_image008[8]

3. MENULIS yang berisi praktek menulis huruf Hijaiyyah, diawali dengan simulasi yang dikonsep seperti touch screen, dilanjutkan dengan anak-anak menulis mandiri di buku mereka.

clip_image010[8]

4. MENCOBA yang berisi latihan dan evaluasi yang dikemas dengan sebuah petualangan di pulau kue Hijaiyyah dilanjutkan dengan mengerjakan soal pilihan ganda.

clip_image012[8]

Dalam aplikasinya anak-anak bisa belajar dengan mandiri, karena penggunaan media ini sangat user friendly. Sedangkan untuk kelancaran, dapat diperoleh dengan latihan terus menerus dan didampingi guru /orang tua.

Semoga media ini bermanfaat untuk anak-anak kita dalam belajar Al Qur’an sejak dini. Dan pada umumnya, bagi para user pengguna media ini.

image

 

DOWNLOAD

File .iso dapat anda download kemudian anda burning cd atau jalankan pada emulator cd

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia
0 Blogger
Tweets
Komentar

Posting Komentar

.