A. Pendahuluan
MPI harus mencerminkan skenario pembelajaran yang akan disampaikan melalui MPI, karena mencerminkan pembelajaran yang nyata harus tetap menyenangkan dan terarah sesuai skenario pembelajaran meski secara virtual.
Kali ini penulis membuat template MPI menggunakan Lectora versi X.6 (kompatible juga dengan V11 ataupun versi dibawah nya) dengan beberapa skenario dan prasayarat dalam pembelajaran:
1. Materi disajikan dalam beberapa sub materi, yang tiap-tiap sub materi harus diselesaikan untuk dapat meng-akses materi uji.
2. Terdapat game (sebagai latihan soal) di tiap sub materi yang telah diselesaikan dan hanya dapat di-akses jika siswa telah menyelesaikan sub materi
3. Soal materi uji dibuat sedemikian rupa sehingga siswa tidak monoton dalam melaksanakan materi uji.
B. Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan penulis membuat template dan artikel ini:
1. Guru dapat memperdalam kemampuan dan pemanfaatan software Lectora dalam pembuatan MPI.
2. Guru belajar secara mandiri dari template yang telah dibuat, agar dapat menjadi inpirasi tambahan dalam pemgembangan MPI dengan Lectora.
3. Mempermudah guru membuat MPI dengan template, sehingga guru tinggal mengisi materi dan konten yang sesuai.
4. Tidak bermaksud mengajari, karena jika guru “menemukan sendiri” trik pembuatan MPI ini, penulis yakin lebih mengena daripada dituntun.
C. Pembahasan
Template MPI ini dikhususkan bagi pengguna Lectora tingkat menengah dan mahir, tapi tidak menutup kemungkinan bagi pengguna tingkat pemula yang sedang mempelajari pemanfaatan Lectora.
Halaman Muka MPI
Sebelum memanfaatkan template ini diharapkan melihat struktur pembelajaran, variabel, action dan struktur inherit dari MPI ini.
Beberapa hal yang menjadi pusat perhatian dari template ini, antara lain:
1. MPI yang sesuai dengan Silabus Pembelajaran
Pada aal materi pembelaran setelah siswa masuk dalam aplikasi MPI disajikan Halaman SK-KD yang menampilkan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pembelajaran, sehingga siswa mengerti maksud dan tujuan dalam pembelajaran MPI ini.
Gambar : Halaman SK-KD
2. Pembelajaran dengan MPI yang terarah
Gambar: Halaman Pencapaian
Seluruh skenario pembelajaran terpusat di “Halaman Pencapaian” dimana siswa dapat maeng-akses Materi Pembelajaran, Game (Latihan Soal) dan Materi Uji dengan prasyarat yang sudah ditentukan, dimana siswa harus menyelesaikan materi pembelajaran ditiap akhir suatu sub materi berupa pertanyaan penguat materi yan telah dipelajari.
3. Materi pembelajaran dengan konten mendukung dan menarik
MPI ini telah termasuk contoh media yang dapat di-edit dan dirubah sesuai dengan materi yang akan disampaikan.
Gambar : Beberapa screenshot Halaman Sub Materi
4. Halaman Penguatan Materi
Halaman ini ada disetiap akhir sub materi sebagai kunci pembelajaran prasyarat. Jika pada halaman ini siswa berhasil menyelesaikan materi ini maka akan muncul tombol ke halaman berikut nya dan siswa dapat meng-akses game. Dan jika semua sub materi telah dilampauia maka siswa dapat meng-akses halaman Materi Uji.
Gambar : Halaman Penguatan Materi
5. Halaman Game
Halaman ini digunakan untuk menyamarkan latihan soal dalam bentuk permainan (game). Terdapat tiga game di setiap akhir penyelesaian sub materi. Game ini sudah terisi pertanyaan dan dapat disesuaikan dengan soal latihan di file propertis game ini.
Gambar: Halaman Game yang dapat diakses setelah
6. Materi Uji dan Respon Materi Uji
Materi uji dibuat seadanya hanya sampel saja, guru dapat menambah soal dengan berbagai tipe. Diakhir materi uji terdapat respon jika siswa lulus atau tidak lulus.
Gambar : Beberapa screenshot Halaman Materi Uji
D. Penutup
Pemanfaatan template ini dapat dirubah dan diseuaikan oleh semua guru/pengembang media yang berkenan memanfaatkan tanpa dengan persetujuan penulis.
E. URL File
- Template MPI Lectora
https://docs.google.com/file/d/0Bx6BU3BHmep0eVFEUmY2RlZ5YjA/edit?usp=sharing
- Software : Lectora versi X.6