WORKSHOP CMS FORMULASI MGMP TIK KAB. MAGELANG | Formulasi
Jumat, 31 Mei 2013

WORKSHOP CMS FORMULASI MGMP TIK KAB. MAGELANG

Baca Juga : berita, cara membuat website, cara membuat website sekolah, cms formulasi, contoh website sekolah, Kabupaten Magelang, membuat website sekolah, web sekolah, website sekolah, website sekolah terbaik, workshop, workshop cms formulasi

Magelang 28 Mei 2013, tepatnya di SMP Marganingsih Muntilan, Magelang diadakan kegiatan workshop yang diprakarsai pengurus MGMP TIK Kabupaten Magelang dengan fasilitator utama dinas pendidikan kabupaten Magelang. Pada konsep awal kegiatan adalah dengan materi pokok KKM, RPP dan pembuatan soal dalam tiga kali pertemuan, namun ketiga materi ini sudah diselesaikan pada pertemuan workshop sebelumnya yaitu pada tanggal 14 Mei 2013. Kemudian 2 pertemuan yang masih tersisa diisi dengan materi “Pemanfaatan MPI sebagai media pembelajaran” dan “Membangun website sekolah dengan CMS Formulasi.”

clip_image002

Sebelum acara dimulai sebelumnya disampaikan sambutan dari ketua MGMP kab. Magelang Doni Wahyudi, ST. Workshop dengan tema “Membangun website sekolah dengan CMS Formulasi” disampaikan atau sebagai pemateri adalah Arif Roby Ismanto, SHI selaku koordinator Formulasi Kabupaten Magelang. Dalam sesi cms ini para peserta yang hadir pun cukup antusias mengikuti setiap langkah yang disampaikan pemateri dalam menginstall semua aplikasi yang diperlukan untuk menjalankan cms formulasi ini secara offline.

Menurut daftar hadir pada hari ini adalah 84 peserta yang sudah tanda tangan pada daftar hadir yang dibuat oleh panitia. Semua adalah guru-guru TIK pada jenjang SMP/MTs se kabupaten Magelang. Memang belum semuanya hadir pada kesempatan ini, namun pada kesempatan lain semoga semua bisa hadir dan mengikuti kegiatan workshop dengan tema yang tidak jauh berbeda.

clip_image004

Materi yang disampaikan pun cukup mendasar yaitu :

  1. Instalasi XAMPP sebagai server offline / local
  2. Instalasi editor php dengan Notepad++ dan Komodo Edit
  3. Instalasi CMS Formulasi
  4. Membuat database di phpmyadmin
  5. Mengenal fitur-fitur pada Adminpanel CMS Formulasi
  6. Membuat sambutan
  7. Membuat berita
  8. Merubah nama sekolah dan logo
  9. Serta langkah-langkah membuat tema atau template sendiri

untuk tutorial lengkapnya silahkan dilihat disini

Namun ketika sampai pada materi pembuatan tema dan sedikit uprek file-file php dan css banyak peserta yang merasa bahwa materi tentang php dan css terlalu sulit. Ini disebabkan semua guru TIK yang hadir tidak sepenuhnya mengerti bahasa php dan css. Walau begitu secara dasar materi sudah disampaikan sebagai bekal ketika ingin membuat tema sendiri. Dan akhirnya kegiatan pun ditutup dengan beberapa agenda agar kegiatan serupa bisa dilaksanakan di lain kesempatan.

 

clip_image006

Arif Roby Ismanto

Institusi : MTs Muh. Bumirejo

Alamat Institusi : Jl. Soekarno Hatta, Bumirejo, Mungkid, Magelang

Url Blog : http://ruumit.com

Facebook : http://facebook.com/rifro

curriculum vitae

Pendidikan

  1. MI Muhammadiyah Bumirejo I Magelang, lulus tahun 1995
  2. MTs Negeri Borobudur, Magelang, lulus tahun 1998
  3. MAN 1 Yogyakarta, lulus tahun 2001
  4. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jur. Ahwal Syahsiyah Fak. Syariah lulus tahun 2006
  5. Mengajar di MTs Muhammadiyah Bumirejo sejak tahun 2007

Bagi yang ingin menggunakan CMS Formulasi untuk website sekolah, silahkan download CMS Formulasi disini

untuk info pelatihan CMS Formulasi silahkan baca disini

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia
0 Blogger
Tweets
Komentar

Posting Komentar

.