DARI “NGAPAK” SAMPAI “FORMULASI BANYUMAS” | Formulasi
Selasa, 30 Juli 2013

DARI “NGAPAK” SAMPAI “FORMULASI BANYUMAS”

Baca Juga : Banyumas, berita, Formulasi, Formulasi Banyumas, kegiatan, Pelantikan Formulasi Banyumas, Sosialisasi, Sosialisasi Formulasi
Perjuangan para pegiat multimedia “NGAPAK” berakhir manis. Setelah sekian waktu berjuang mempertahankan eksistensinya , Komunitas NGAPAK yang berarti Ngangsu Kawruh Kanti Pepak atau Mencari Ilmu Sampai Utuh atau Tuntas akhirnya bertransformasi menjadi Formulasi Banyumas. 
 
Argo Suseno, ST sebagai ketua beserta pengurus Formulasi Banyumas sebanyak 28 orang resmi dilantik oleh Ketua Formulasi Jawa Tengah, Fauzan A. Mahanani pada hari Sabtu (20/7) di Pendopo Sipanji Kantor Bupati Kabupaten Banyumas,. Sebagai ketua terpilih, kiprah guru SD Al Irsyad 01 Purwokerto di jagat multimedia tidak diragukan lagi. Bukan hanya tingkat lokal tetapi sudah merambah ke dunia internasional dengan mewakili Microsoft Indonesia dalam ajang kompetisi tingkat Asia Pasifik di New Zealand.
 
Ketua Panitia, Surono S.Pd mengungkapkan, Formulasi dibentuk karena tidak sedikit guru yang belum terampil dalam hal multimedia. Tujuan dibentuknya forum ini, katanya, untuk meningkatkan mutu dan inovasi guru dalam proses pembelajaran, dengan memanfaatkan media yang bervariasi. Surono juga menyebutkan, sejak dibentuk sekitar 3 bulan lalu, Formulasi Banyumas telah mengadakan pelatihan, penularan dan pendalaman materi kepada para pengurus. “Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong berbagai pihak untuk bersinergi dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Banyumas dengan meningkatkan mutu dan inovasi pembelajaran yang menarik,” ungkapnya.
 
Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Banyumas, dr. Budi Setiawan dalam sambutannya mengatakan bahwa, “Model pembelajaran dengan multimedia, selain strategis untuk mempercepat dan mempermudah akses dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk pendidikan, juga akan mempermudah proses pembelajaran melalui inovasi e-learning”. Wabup juga berharap, di era global yang ditandai dengan kemajuan teknologi serta adanya cyber-teaching atau pengajaran melalui dunia maya, Formulasi Banyumas bisa mempercepat upaya pemerintah Kabupaten Banyumas dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera, berdaya saing dan berbudaya, berlandaskan iman dan taqwa.


Selain Wakil Bupati, dalam acara tersebut juga hadir Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Asekbang Kesra) Sekda, Ir Tjujtun Sunarti R MSi. Peserta kegiatan pengukuhan Formulasi Banyumas yang dilanjutkan dengan sosialiasi Formulasi Jawa Tengah diikuti oleh 120 orang. Selain guru dari berbagai jenjang, hadir juga beberapa kepala sekolah, kepala UPK, pengawas sekolah dan juga perwakilan dari universitas, kominfo, pengusaha komputer dan elemen masyarakat lain.
 
Setelah pelantikan pengurus, dilanjutkan dengan sosialisasi Formulasi Jawa Tengah oleh Arsyad Riyadi selaku Divisi Publikasi dan Kerja Sama. Dalam sosialisasi itu dibahas secara tuntas tentang formulasi diawali dari sejarah, visi misi, tujuan, strategi, program kerja, keanggotaan, sampai kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh formulasi. Sosialisasi ini penting maknanya agar semua peserta kegiatan memiliki persepsi yang sama dan adanya rasa memiliki terhadap formulasi. Hal ini selaras seperti yang dikatakan oleh ketua terpilih, Formulasi Banyumas akan menjadi layu sebelum berkembang tanpa adanya kerjasama dan bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat lainnya.
 
Argo Suseno berharap, Formulasi sebagai organisasi profesi akan menjadi wadah berkumpul bagi guru-guru penggiat IT di Kabupaten Banyumas. Melalui forum ini mereka menyatukan barisan, bekerja sama dan bersinergi dengan elemen masyarakat lainnya untuk menciptakan karya-karya IT di bidang pembelajaran yang akan mengharumkan nama Banyumas dan Indonesia. 
 
Beliau menambahkan bahwa kelahiran Formulasi dibidani oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah. Hal ini berawal dari dukungan dan apresiasi LPMP Jawa Tengah terhadap prestasi guru-guru di Jawa Tengah di bidang IT, baik dalam kompetisi nasional dan internasional. Untuk informasi, Pengurus Formulasi Jawa Tengah dilantik pada tanggal 19 Desember 2012 disusul dengan terbentuknya cabang-cabang di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah sampai akhirnya pada tanggal 16 Maret 2013 terbentuklah Formulasi Banyumas. 
 
Acara tersebut juga dimeriahkan dengan adanya berbagai stand sponsor, seperti stan robotika, stan peralatan TIK, multimedia edukasi center, sampai stan banyumas aeromodeling klub. Tidak ketinggalan juga stand dari Formulasi Banyumas sendiri dengan produk-produk multimedia pembelajarannya. Pada akhir acara ada pertunjukan dirgantara pesawat tanpa awak seperti yang sering dipertunjukkan di alun-alun dalam acara Banyumas air Show.
Kemeriahan acara ini tidak lepas dari kerja keras pengurus Formulasi Banyumas yang akan dilantik menggandeng banyak pihak untuk terlibat langsung maupun tidak langsung . Prinsip kerjasama dan sinergi benar-benar menjadi pijakan agar Formulasi Banyumas akan terus berkembang. Dan tidak mustahil nantinya akan tercipta mahakarya yang spektakuler yang akan mengharumkan nama Banyumas dan Indonesia. Ucapan Ketua Formulasi Banyumas terpilih ini tidak main-main. Terbukti dengan berbagai prestasi yang telah diraih beberapa pengurus termasuk dirinya dalam kancah lokal sampai internasional.
 
Berikut ini Susunan Pengurus Forum Multimedia Edukasi (Formulasi) Banyumas Masa Bhakti 2013 - 2016 
 

Pelindung : Kepala Dinas Pendidikan Kab. Banyumas 
 
Penasehat :
1. Drs Hari Wahyudi Sukarno (Praktisi IT)
2. Sunaryo, S.Pd (Senior penggiat multimedia pembelajaran)
3. Edi Sukarjono (Praktisi IT)
4. Lisa Singgih Wiranto (Pemerhati pendidikan) 
 
Pembina :
1. Langgeng Hadi Prasetyo, M.Si (SMA 2 Purwokerto)
2. Mayasari Sasmito, M.Kom (SMP N 1 Patikraja)
3. Yulianto Harsono S. Pd. (SMA N 1 Patikraja)
4. Sofi Pujianto, S.kom (SMA N 1 Rawalo) 
 
Pengurus
Ketua
Argo Suseno, S.T. (SD Al Irsyad 01 Purwokerto) 
 
WakilKetua
Surono, S.Pd. (SDN 2 Tanjung) 
 
Sekertaris :
1. Aldila Krisnaresanti, S.Pd. M.Si. (SMP Muhammadiyah 2 Karanglewas)
2. Arif Hartono, S.Pd (SD N 1 Ciarus) 
 
Bendahara :
1. Nunik Nur Indah, S.Pd. (SMKN 2 Banyumas)
2. Sinta Kanti, S.E. (TK Al Irsyad Purwokerto) 
 
Seksi-seksi
Seksi Produksi :
1. Aji Sambudi, S.Pd. (SMPN 2 Banyumas)
2. Erin Tri Hartanto, S.H. (SDN 2 Purwokerto Kidul)
3. Bambang Prilistyo, A.Md (SDN 4 Purwanegara)
4. Lukman Hakim, S.PdI (SMK Maarif NU 1 Cilongok) 
 
Seksi Program :
1. Tri Gunadi A.Md. (SDN 2 Tanjung)
2. Drs. H. Andi Mulyono (SD Al Irsyad 01 Purwokerto)
3. Nopidha Ardyansah, S.Pd (SMPN 7 Purwokerto)
4. Prio Wibowo, S,Pd (SD N 2 Tanggeran) 
 
Seksi Humas dan Publikasi :
1. Suyono, S.Pd. (SDN Pangebatan)
2. Samsudin, S.Pd.I (MI Al Hasan Karanggedang)
3. Warto, S.Pd.I (SDN 2 Karangpucung)
4. Misbahudin, S.Ag (SD Al Irsyad 01 Purwokerto)
5. Nashrun, S.HI (SD IT Az-Zahra)
6. Agus Suprapto, S. Pd (SMPN 1 Kedung Banteng)
7. Putro Adi N, S.Pd (SMP Muhammadiyah Ajibarang)
8. Hedi Prabowo, S.Pd (SDN 2 Linggasari)
9. Wikut Deniarti, S.Pd (SD N 1 Sambirata)
10. Priyatin Kuat Hartono, S.Pd (SMP Negeri 2 Kemranjen) 
 
Seksi Pengembangan Organisasi :
1. Edi Sukirso, S.Pd (SDN 3 Bangsa)
2. Sugito, A.Ma (SDN 2 Sumampir)
3. WasilatulIzati, S.H.I (TK Pertiwi Karangsari)
4. Arifin, S.Pd. SD (SDN 1 Banjar kembar)
5. Heri Saputra (SD Al Irsyad 01 Purwokerto)

Foto-foto Kegiatan

Sambutan Ketua Panitia, Bapak Surono

Sambutan Wakil Bupati Banyumas, dr. Budi Setiawan
Pelantikan oleh Ketua Formulasi Jawa Tengah, Fauzan A. Mahanani S.Pd

Ucapan Selamat dari Bapak Wakil Bupati Banyumas

Antusiasme peserta
Sosialisasi Formulasi Jawa Tengah

Stand Sponsor



Stand Sponsor
 
Foto bareng Bapak Wakil Bupati Banyumas









































































CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia
0 Blogger
Tweets
Komentar

Posting Komentar

.