Seminar Peningkatan Pembelajaran Berbasis TIK untuk Menyongsong Pelaksanaan Kurikulum 2013 | Formulasi
Selasa, 04 Juni 2013

Seminar Peningkatan Pembelajaran Berbasis TIK untuk Menyongsong Pelaksanaan Kurikulum 2013

Baca Juga : berita, Formulasi, formulasi Purbalingga, forum multimedia edukasi, kegiatan formulasi, kurikulum 2013, pelatihan formulasi, pelatihan guru, seminar formulasi, seminar guru, seminar ict, workshop
Minggu, 2 Juni 2013, Forum Multimedia Edukasi (Formulasi) Kabupaten Purbalingga mengadakan kegiatan seminar sehari dengan tema “Peningkatan Pembelajaran Berbasis TIK untuk Menyongsong Pelaksanaan Kurikulum 2013”. Kegiatan yang dilaksanakan di di Aula Sudirman Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga ini sebenarnya satu rangkaian dengan kegiatan workshop yang akan dilaksanakan setelahnya, yaitu mulai tanggal 7 Juni 2012.




Seminar Peningkatan Pembelajaran Berbasis TIK untuk Menyongsong Pelaksanaan Kurikulum 2013


Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga, Iskhak, S.Pd, M.Pd, ini dihadiri oleh 226 guru dari berbagai jenjang pendidikan (PAUD/TK, MI/SD, SMP/Mts, SMA/SMK/MA) di kabupaten Purbalingga.

Sebagai nara sumber adalah Fauzan A. Mahanani (ketua Formulasi Jawa Tengah) yang mengisi materi “Urgensi Penguasaan TIK/ICT dalam Proses Pembelajaran”. Nara sumber berikutnya adalah Mampuono, S.Pd, M.Kom (Widyaiswara ICT LPMP Jawa Tengah) yang mengisi materi “Pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif”.

Fauzan, menjelaskan tantangan yang dihadapi guru dengan adanya perkembangan di dunia teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Di antaranya pada waktu dulu guru cenderung tidak mengembangkan materi/bahan ajar, tetapi sekarang guru harus bisa membuat bahan ajar digital. Dahulu belajar terbatas pada ruang dang waktu (yaitu di dalam kelas), tetapi sekarang belajar bisa dimana saja dan kapan saja. Lebih lanjut, beliau juga menjelaskan potensi TIK/ICT dalam pembelajaran, di antaranya : memperluas kesempatan belajar, meningkatkan efisiensi, meningkatkan kualitas belajar, meningkatkan kualitas mengajar dan sebagainya.

Dalam sesi selanjutnya, yang dimulai pada pukul 10.30 sampai break ishoma dan dilanjutkan sampai jam 15.30, Mampuono, menjelaskan aplikasi Powerpoint untuk pembuatan multimedia pembelajaran interaktif, yaitu :

- Animasi dan Navigasi dengan Powerpoint

- Graphic dan Format dengan Powerpoint

- Memberdayakan Powerpoint untuk Presentasi yang Efektif

Materi yang menarik dan dikemas dalam presentasi yang interaktif menjadi daya tarik bagi peserta untuk tetap antusias mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir. Terbukti dengan penuhnya ruangan seminar setelah ishoma siang hari sampai penutupan. Acara tersebut juga makin semarak dengan adanya berbagai door prize dari sponsor, seperti flash disk dan 2 buah kaos dari warung kompak (thx M Afit Setyadi, moga2 makin laris kaosnya).

Acara tersebut tidak akan berlangsung dengan lancar tanpa kerja sama berbagai pihak baik dari peserta maupun panitia. Dukungan sepenuhnya juga diberikan oleh LPMP Jawa Tengah, Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga, Formulasi Jawa Tengah, Kemenag Kabupaten Purbalingga dan berbagai sponsor.


Kegiatan workshop "Pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif" sebagai kelanjutan dari kegiatan seminar ini akan dilaksanakan tiap hari jumat (7 Juni 2013 - 12 Juli 2013) yang bertempat di SMK N 3 Purbalingga. Dalam kegiatan workshop besok, peserta dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas pemula dan kelas lanjut.

Materi kelas pemula meliputi :


  1. Dasar Pengoperasian Komputer
  2. Pengenalan Microsoft Word
  3. Pengenalan Microsoft Excel
  4. Pengenalan Microsoft PowerPoint
  5. Pengenalan internet (e-mail, browsing)
  6. Penugasan


Sedangkan untuk kelas lanjut, materinya :

  1. Desain Komunikasi Visual
  2. Animasi PowerPoint
  3. Slide Master
  4. Menambahkan Sound, Video, Animasi, dll
  5. Evaluasi Menggunakan VBA
  6. Penugasan

Informasi lebih lanjut nanti bisa dilihat blog/website Formulasi Purbalingga


Download materi seminar :

Urgensi Penguasaan TIK/ICT dalam Proses Pembelajaran
Animasi dan Navigasi dengan Powerpoint
Graphic dan Format dengan Powerpoint
Memberdayakan Powerpoint untuk Presentasi yang Efektif

Foto Kegiatan

Pantia berpose dengan nara sumber


Peserta seminar membludak memenuhi Aula Sudirman Dinas Pendidikan Purbalingga



Duo master CMS



Pesona Sang Master menjaga peserta tetap antusias



Ketua Formulasi Purbalingga, Mukhtarom, S.T, membagi-bagi door prize

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia
0 Blogger
Tweets
Komentar

Posting Komentar

.