Pelatihan Pembuatan dan Mengelola Website Sekolah Formulasi Kabupaten Pati | Formulasi
Minggu, 23 Juni 2013

Pelatihan Pembuatan dan Mengelola Website Sekolah Formulasi Kabupaten Pati

Baca Juga : berita, cms formulasi, Formulasi pati, kabupaten pati, pelatihan formulasi pati, web sekolah, website sekolah

Antusiasme guru untuk mengikuti pelatihan Pembuiatan Website dan pengelolaanya sungguh luar biasa, dilihat dari anemo pendaftar yang melebihi kuota yang disediakan sehingga harus membagi menjadi 3 ruang. Hal ini dikarenakan karena dukungan dari Dinas pendidikan Pati yang luar biasa untuk memberikan ijin dan semangat sahabat formulasi pati . Antusiasme juga sangat terlihat ketika ada Seorang guru ibu-ibu SD yang tidak mau pulang sebelum membawa Website ke Sekolahnya, sehingga Nara sumber dan panitia harus menunggu sampai bisa, dan ketika sukses sangat senang dengan tepuk tangannya dan terikannya.

Formulasi kabupaten pati pada tanggal 21 Juni 2013 mengadakan kegiatan dengan tema Pelatihan Pembuatan dan Mengelola Website Sekolah Untuk SD, SMP, SMA/ SMK se kabupaten Pati yang menggunakan CMS Formulasi yang dimulai pukul 07.30 – 17.00 WIB, dengan susunan acara sebagai berikut:

1. Menyanyikan lagu Indonesia Raya

2. Pembacaan susunan pengurus formulasi kabupaten pati

3. Pelantikan Pengurus Formulasi Kab. Pati

4. Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Pati

5. Kegiatan pelatihan pembuatan dan pengelolaan website sekolah dengan cms formulasi

6. Penutup.clip_image002[4]

Ketua terpilih Bapak Sutamto guru SMP Negeri 1 Trangkil menyampaikan bahwa kegiatan yang persiapanya hanya sekitar 2 minggu ini, target peserta kisaran 150 orang, namun dalam kenyataanya saat kegiatan peserta membengkak dengan total peserta sekitar 213 orang.

Setelah pembacaan pengurus dilanjutkan dengan pelantikan pengurus formulasi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Pati, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Dinas Bapak Drs. Sarpan, SH, MM, Dalam sambutannya Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kab. Pati (Drs. Sarpan, SH, MM) tampak sekali membeberkan dukungan yang luar biasa, beliau mengatakan, Formulasi merupakan organisasi yang sangat strategis dalam menghadapi era yang serba teknologi saat ini, apalagi jika kurikulum 2013 benar-benar akan dilaksanakan secara keseluruhan, maka formulasi bisa menjawab permasalahan-permasalahan yang ada.

Beliau juga mengatakan bahwa formulasi nantinya bisa masuk ke berbagai organisasi-organisasi lainya yang ada dikabupaten pati, bisa di KKG, MGMP, MKKS, atau organisasi profesi lainya, hal ini dikarenakan formulasi merupakan organisasi yang sekali lagi dikatakan organisasi yang sangat strategis dan bisa diikuti oleh semua kalangan dan semua jenjang pendidikan.

Karena membludagnya peserta maka di bagi menjadi 3 ruang di aula dan di ruang multimedia sebagai Instruktur dalam kegiatan Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Website Sekolah Untuk SD, SMP, SMA Se Kab. Pati adalah Bapak Amin Mungamar, S.Kom (Sekretaris 2 Formulasi Propinsi Jawa Tengah), sedangkan Instruktur yang dari kabupaten pati adalah pengurus Formulasi kabupaten pati yaitu Bapak Abdul Wahab, S.ST. (Seksi Bidang Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dan Bapak Sutamto (Ketua Formulasi Kab. Pati) dalam pelaksanaanya dibantu oleh beberapa pengurus formulasi kab. Pati dan Kab. Demak sebagai tutor sebaya.

Dalam kegiatan itu Materi Pelatihan website dan Pengeloloaannya adalah sebagai berikut :

1. Pengenalan Web dan CMS formulasi

2. Instal XAM

3. Instal CMS Formulasi di Localhost

4. Pengelolaan Web di localhost

5. Isntal CMS Formulasi di Hosting gratis

Walau belum memenuhi target, dan masih ada kekurangan yang dilihat dari angket yang diberikan setelah pelatihan. Namun semangat guru mengikuti pelatihan ini dan keinginan guru untuk diadakan pelatihan web lanjutan dan pelatihan lain menjadi pijakan untuk menambah motivasi pengurus formulasi ke depannya untuk mengadakanpelatihan yang lebih berkualitas dan ikut membantu tenga pendidik di Kab. Pati .

Berikut beberapa foto kegiatan Pelantikan dan Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Website Sekolah SD, SMP, SMA/SMK se kab. Pati.image

clip_image002[6]

Pelantikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Bapak Drs. Sarpan, SH, MM

clip_image004[6]

clip_image006[6]

Acara Pelatihan Pembuatan Website Sekolah dengan CMS Formulasi di aula SMK N 2 Pati

clip_image008[6]

clip_image010[6]

Acara Pelatihan Pembuatan Website Sekolah dengan CMS Formulasi di Lab Komp SMK N 2 Pati

 image

image

 

bila anda ingin mengetahi lebih lanjut tentang CMS Formulasi untuk website sekolah silahkan klik disini

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia
0 Blogger
Tweets
Komentar

Posting Komentar

.