Berlomba-Lomba Dalam Kebaikan | Formulasi
Senin, 24 Desember 2012

Berlomba-Lomba Dalam Kebaikan

Baca Juga : artikel, artikel guru, artikel pengalaman guru, lomba, lomba guru, media pembelajaran, media pembelajaran interaktif, mpi, mpi lpmp jateng, multimedia, pembelajaran interaktif

Keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh kondisi yang terbangun selama pembelajaran. Kondisi pembelajaran yang kondusif akan menjadikan proses pembelajaran berlangsung secara efektif dan efisien.

Demikian juga dengan pembelajaran Al-Qur’an. Agar dapat membaca dan mempelajari Al-Qur’an dengan baik dan benar diperlukan pengetahuan yang cukup dan memadahi segala ilmu yang berkaitan dengan Al-Qur’an,yakni asbabun nuzul, terjemah ayat, arti per kata (mufrodat), ilmu tajwid, serta tafsir ayat.

Berkaitan dengan hal diatas, proses pembelajaran Al-Qur’an khususnya pada materi ayat-ayat al-Qur’an tentang anjuran berlomba-lomba dalam kebaikan perlu mendapat perhatian yang intensif baik dari segi metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber-sumber belajar maupun suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan.

Penyajian pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia interaktif. dapat menampilkan berbagai animasi dan simulasi dari beberapa konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret dan pembelajaran menjadi lebih bermakna.

clip_image002

clip_image004

clip_image006

clip_image008

 

Secara umum, multimedia interaktif mempunyai kegunaan sebagai berikut :

1) Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka )

2) Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, seperti misalnya objek yang terlau besar –bisa digantikan dengan realita, gambar, film bingkai, film, atau model. Objek yang terlalu kompleks (misalnya ayat al-Qur’an dan tafsir al-Qur’an) dapat disajikan dengan diagram, gambar, dan lain-lain.

3) Multimedia interaktif dapat mengatasi sikap pasif peserta didik, menimbulkan kegairahan belajar, memungkinkan interaksi langsung antara peserta didik dengan dengan lingkungan dan kenyataan, serta memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri.

 

Identitas Penulis :

image

   Download

file MPI ini terdiri dari 8 file. download semua file terlebih dahulu, kemudian untuk ekstrak menggunakan 7zip pada file yang pertama agar menjadi kesatuan file dalam satu folder (download 7zip)


Bila kesulitan download, anda dapat memesan media ini melalui kami,
dengan mengganti biaya cetak (cetak CD + Ongkos kirim + Donasi untuk Formulasi) info lengkapnya bisa dibaca di toko.formulasi.or.id

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia
1 Blogger
Tweets
Komentar
  1. Kok gak ngasih tau kalau mau ikutan dik. kakak kebetulan juga baru baca artikel mu, padahal hampir setiap hari kakak buka web formulasi ini. artikel kakak BINTANGKU DARI JAMBI.. dibaca juga ya...

    BalasHapus

.