MENGENAL LEBIH DEKAT MESIN CNC (Computer Numerically Controlled) | Formulasi
Senin, 24 Desember 2012

MENGENAL LEBIH DEKAT MESIN CNC (Computer Numerically Controlled)

Baca Juga : artikel, artikel guru, artikel pengalaman guru, lomba, lomba lpmp, lomba menulis guru, media pembelajaran, media pembelajaran interaktif, mpi, mpi lpmp jateng, multimedia

Salam Formulasi , Bapak ibu guru Indonesia yang saya banggakan, pada Media Pembelajaran Interaktif (MPI) yang saya buat ini berawal dengan permasalahan pribadi saya sebagai guru produktif teknik pemesinan mata pelajaran CNC (Computer Numerically Controlled). Tahun 2011 pemerintah pusat memberikan bantuan mesin Frais CNC 3 Axis dengan control Fanuc type GSK untuk pembelajaran berjumlah 1 unit yang harganya Rp 675.000.000 (Enam Ratus Tujuh Puluh Lima Juta Rupiah) sudah sekitar ½ Milyard lebih.

Bersyukur sekali saya selaku guru CNC mendapatkan kemudahan bisa mengajar praktik dengan mesin yang sudah didepan mata bukan bayangan lagi. Sebelum sekolah kami mendapatkan bantuan mesin tersebut saya mengajar persis seperti sekolah SMK sastra karena hanya menceritakan barang-barang yang abstrak, mesin-mesin yang anak didik saya belum pernah melihat sama sekali bentuknya.Pada tahun 2011 sampai dengan awal tahun 2012 mesin tersebut belum dapat dioperasikan dikarenakan belum adanya tenaga ahli/guru yang dapat mengoperasikannya. Sekitar bulan Februari tahun 2012 selama 1 minggu sekolah menugaskan saya belajar mesin CNC tersebut langsung kepada sang perakit yaitu Solo Inovation / Solo Technopark sehingga saya saat ini bisa mengoperasikannya. Pada waktu itu pula bertepatan dengan standar kompetensi mengoperasikan mesin CNC yang harus disampaikan dikelas XII semester Genap .

Pada kenyataanya ketika praktik saya kesulitan dengan mengelola 30 siswa yang harus praktik bersamaan, akhirnya saya putuskan dengan membagi menjadi 4 kelompok untuk saya beri penjelasan dan demonstrasikan cara pengoperasian mesin CNC. Teknisnya yaitu 1 kelompok maju untuk saya beri penjelasan dan demonstrasikan secara langsung dan yang 3 kelompok lainya menunggu giliran. Inilah permasalahan yang ada ketika menunggu giliran, kelompok yang tidak praktik aliasnya nganggur sering membuat gaduh, bahkan ada yang sampai saling pukul memukul maklum anak SMK perlu pendekatan extra keras. Seandainya saya beri tugas membaca atau merangkum kelompok siswa yang menunggu giliran tersebut tentunya tidaklah afdhol dikarenakan pembelajarannya adalah praktik.

Dari kejadian demi kejadian tersebut sangatlah mengganggu siswa yang sedang praktik. Saya selaku gurunya tidak langsung menyalahkan kenapa mereka gaduh?kenapa mereka sampai saling berkelahi atau memukul temannya? Saya berpikir bagaimana caranya supaya 30 anak didik saya bisa saya kelola dengan baik ketika pembelajaran praktik berlangsung. Jawabanya adalah dibuat MPI (Media Pembelajaran Interaktif). Terimakasih kepada siswa saya yang menjadi guru saya secara langsung karena menumbuhkan ide-ide saya untuk terus berpikir memajukan pendidikan mereka.

clip_image002[6]

clip_image004[4]Karya MPI (Media Pembelajaran Interaktif) ini cocok untuk sekolah SMK yang belum memiliki mesin CNC atau yang sudah. Dalam MPI dengan Judul “ Mengenal Lebih Dekat Teknologi CNC “ dibahas secara teknis bagaimana cara mengoperasikan mesin CNC control Fanuk type GSK.

Untuk mengawali MPI ini lebih baik pengguna memulai dengan pendahuluan atau apersepsi dimana diceritakan betapa cepatnya perkembangan teknologi pemesinan seperti halnya perkembangan penggunaan mesin CNC.

Materi berisikan 3 bagian utama yaitu :

1. Prinsip kerja mesin CNC

2. Bagian-bagian mesin CNC

3. Operasioanal mesin CNC

clip_image006[4]

clip_image008[4]

Pada bagian yang pertama menjelaskan tentang Prinsip kerja mesin CNC dengan menayangkan video mesin CNC yang telah berisi narasi penjelasan pergerakan sumbu X,sumbu Y dan sumbu Z, menjelaskan juga tentang jenis mesin berkategori Training unit dan Production Unit.

clip_image010[4]

clip_image012[4]Pada bagian yang kedua dijelaskan tentang bagian-bagian mekanik,bagian-bagian kontrol pengendali dan bagaimana cara memasang tool pada holder mesin dengan ditayangkan video tutorial.

clip_image014[4]clip_image016[5]

Pada bagian operasional mesin CNC ditayangkan dengan video tutorial bagaimana cara memulai menyalakan, bagaimana cara menggunakan Manual Pulse generator (MPG), bagaimana caranya menzerokan mesin, bagaimana caranya mengatasi overtravel yang sering terjadi ketika mesin CNC hang atau terjadi kesalahan pergerakan sumbu/axis.

Didalam MPI ini sudah dilengkapi dengan alat evaluasi yaitu soal-soal latihan yang berjumlah 10 nomor ditambah dengan pembahasannya secara interaktif. Soal Evaluasi terdiri dari 20 soal dan siswa (pengguna) yang mengerjakan soal telah lulus atau masuk standar KKM maka siswa dipersilahkan untuk masuk menu berikutnya yaitu pengayaan.

Pada materi pengayaan terdiri dari materi tambahan dan buku sekolah elektronik (BSE) yang diharapkan setelah siswa banyak membaca BSE ini akan menambah wacana keilmuan teori tentang mesin-mesin berbasis control numerik.

clip_image018[4]

clip_image020[4]

Tidak lupa para guru Indonesia yang saya cintai untuk menumbuhkan rasa empati dan rasa kemanusaiaan, menumbuhkan akhlak yang mulia kepada siwa didik, MPI ini dilengkapi dengan pendidikan karakter yang menayangkan gambar-gambar yang bisa menggugah rasa perikemanusiaan siswa.

Demikian artikel singkat yang telah saya buat tentang karya MPI (Media Pembelajaran Interaktif) dengan judul “ Mengenal Lebih Dekat Teknologi CNC ”. Semoga bermanfaat khususnya guru produktif Teknik Pemesinan diseluruh indonesia.

Salam Formulasi.... Forum Multimedia Edukasi....

image

   Download

file MPI ini terdiri dari 11 file. download semua file terlebih dahulu, kemudian untuk ekstrak menggunakan  7zip pada file yang pertama agar menjadi kesatuan file dalam satu folder (download 7zip)


Bila kesulitan download, anda dapat memesan media ini melalui kami,
dengan mengganti biaya cetak (cetak CD + Ongkos kirim + Donasi untuk Formulasi) info lengkapnya bisa dibaca di toko.formulasi.or.id

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia
0 Blogger
Tweets
Komentar

Posting Komentar

.