MPI BIOLOGI KEAJAIBAN SEL | Formulasi
Senin, 24 Desember 2012

MPI BIOLOGI KEAJAIBAN SEL

Baca Juga : artikel, artikel guru, artikel pengalaman guru, download, download media pembelajaran, lomba, lomba guru, lomba menulis guru, media pembelajaran, media pembelajaran interaktif, mpi, mpi lpmp jateng, multimedia

Tiap makhluk hidup tersusun atas sel. Sel merupakan unit struktural terkecil dan unit fungsional terkecil dari makhluk hidup di dunia ini. Dalam ilmu biologi, sel merupakan komponen yang telah melakukan fungsi kehidupan, dimana di dalamnya terdapat organel-organel sel yang bekerja saling mendukung dan membentuk suatu kesatuan fungsi yang sangat rumit dan menakjubkan.

Kajian sel mendapatkan perhatian lebih dalam ilmu biologi, sehingga menghasilkan cabang ilmu biologi yaitu sitologi. Perkembangan pengetahuan mengenai sel didukung oleh perkembangan penemuan mikroskop elektron. Organel-organel sel hanya bisa diamati oleh mikroskop elektron sehingga bisa menyingkap rahasia dibalik kehidupan di alam sel.

MPI Keajaiban Sel menjembatani peserta didik untuk memahami konsep sel dengan baik tanpa harus mengamati dibawah mikroskop elektron yang harganya tentu tak akan terjangkau bagi pihak sekolah. Siswa akan diajak menjelajahi kehidupan di dalam sel dengan menarik dengan suguhan video, animasi serta game-game interaktif yang merangsang siswa untuk betah berlama-lama di depan komputer mempelajari sel.

 

clip_image002

 

Berikut beberapa screen shoot tampilan program :

clip_image004

clip_image006

clip_image008

MPI Keajaiban Sel disusun menggunakan software Microsoft Powerpoint 2007 yang diperkaya dengan pemprograman VBA (Visual Basic for Application). Dengan penambahan pemprograman VBA, program aplikasi pembelajaran ini terlihat lebih interaktif dan menyenangkan. Bagi Anda yang tertarik dengan pemprograman VBA, Anda bisa membongkar scriptnya dan mempelajarinya dengan seksama. Harapan kami, Anda akan mempelajarinya dan akan membuat MPI yang lebih hebat dan menarik lagi.

Kelebihan MPI Keajaiban Sel

Program pembelajaran Keajaiban Sel mempunyai kelebihan dibandingkan dengan program pembelajaran yang lainnya. Beberapa kelebihannya yaitu :

1. Interaktif dan user friendly menyesuiakan kebutuhan peserta didik

Saat pertama masuk, peserta didik akan diajak memikirkan bagaimana sebuah sel yang kecil mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang rumit dan sangat kompleks. Peserta didik juga akan disapa oleh program setelah menginputkan nama. Desain disusun sederhana dan interaktif. Disediakan tombol-tombol navigasi yang memudahkan peserta didik mengakses konten pembelajaran sesuai dengan tingkat pemahamannya.

2. Gambar, animasi dan video yang mendukung

Disediakan gambar-gambar sel beserta organel-organelnya secara lengkap, baik gambar asli dari pengamatan mikroskop elektron maupun gambar rekayasa. Selain itu juga disediakan animasi serta video yang menarik untuk memperjelas pemahaman mengenai sel. Siswa menonton video sel akan diajak menelusuri kehidupan didalam sel seolah-oleh mereka menaiki sebuah pesawat yang mengelilingi semua bagian-bagian sel beserta penjelasan lengkap.

3. Game edukasi yang menantang

Agar pembelajaran tidak monoton dan membosankan, disediakan juga game edukasi mengenai sel. Ada 2 game sel format flash (swf) yang diembed kedalam slide dan ada dua game powerpoint dengan VBA di menu latihan. Silahkan dimainkan, pasti Anda akan ketagihan dan terhibur, tak terasa sebenarnya Anda sedang belajar biologi sel.

clip_image010

clip_image012

4. Adanya database hasil uji kompetensi dan hasil uji bisa dicetak

Hasil uji kompetensi akan disimpan dalam sebuah database sehingga bisa dilihat sejauh mana perkembangan pemahaman Anda mengenai konsep sel. Database ini akan disimpan selamanya di dalam drive D komputer Anda selama database tidak dihapus. Database berupa file dataujisel.txt serta database di slide setelah Anda menyelesaikan uji kompetensi sel. Setelah menyelesaikan uji kompetensi, Anda akan mendapatkan sertifikat nilai hasil uji kompetensi yang bisa dicetak sebagai bukti sah telah melakukan uji kompetensi.

Semua data hasil uji kompetensi, berupa nama, jumlah soal, target nilai, KKM, keterangan hasil dan tanggal uji kompetensi akan disimpan dalam database dataujisel.txt. Dengan sekali klik tombol database, maka hasil uji kompetensi dari awal sampai uji terakhir akan ditampilkan.

5. Mengajak peserta didik menyadari kebesaran Tuhan atas ciptaan-Nya

Sejak awal tampilan di halaman apersepsi, MPI ini akan mengajak Anda memikirkan bagaimana keagungan Tuhan berbicara di dalam kehidupan sel. Bagaimana sebuah organel bekerjasama dengan organel lain membentuk satu kesatuan fungsional sel yang menjalankan fungsi kehidupan secara utuh ? Bagaimana organel, yang notabene berupa kumpulan protein dan senyawa kimia yang rumit bisa menjalankan perintah dari inti sel ? Bagaimana sel yang sangat kecil bekerja selama seumur hidupnya tanpa ada kesalahan ? Semua merupakan suatu keajaiban di dalam kehidupan sebuah sel yang sangat kecil, yang mata kita tak akan mampu melihatnya tanpa bantuan sebuah mikroskop elektron yang canggih.

Di halaman renungan juga akan ditampilkan keajaiban-keajaiban sel yang lainnya. Semuanya akan membuat Anda menyadari, bahwa Anda dan makhluk hidup di dunia ini tidak main-main dalam penciptaannya.

clip_image014

   Download

CATATAN :

file MPI ini terdiri dari 9 file. download semua file kemudian ekstrak menggunakan 7zip pada file yang pertama agar menjadi kesatuan file dalam satu folder (download 7zip)


Bila kesulitan download, anda dapat memesan media ini melalui kami,
dengan mengganti biaya cetak (cetak CD + Ongkos kirim + Donasi untuk Formulasi) info lengkapnya bisa dibaca di toko.formulasi.or.id

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia
0 Blogger
Tweets
Komentar

Posting Komentar

.