MPI SD PESAWAT SEDERHANA | Formulasi
Rabu, 26 Desember 2012

MPI SD PESAWAT SEDERHANA

Baca Juga : artikel, artikel guru, artikel pengalaman guru, download, download media pembelajaran, lomba, lomba guru, lomba menulis guru, media pembelajaran, media pembelajaran interaktif, mpi, mpi lpmp jateng, multimedia
Pendidikan IPA memiliki potensi besar untuk memainkan peran strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia untuk menghadapi era industrialisasi dan globalisasi. Potensi tersebut dapat terwujud jika pendidikan IPA berorientasi pada pengembangan kemampuan berfikir dan berbahasa, peyiapan peserta didik menghadapi isu sosial dampak penerapan IPTEK, penanaman nilai-nilai etika dan estetika, kemampuan memecahkan masalah, pengembangan sikap kemandirian, kreatif serta tanggung jawab. Namun kenyataan di lapangan, ditemukan bahwa hasil pembelajaran IPA menjadi rendah yang berpengaruh pada pembelajaran dan hasil belajar. Menurut Djohar (Bolger, 2008:1) bahwa : “Secara umum pembelajaran IPA saat ini belum berorientasi pada proses belajar, namun lebih mementingkan pada produk belajar, yakni pada pengetahuan”. Interaksi guru dan murid sekedar transfer pengetahuan dari seorang guru terhadap murid.
Pembelajaran IPA dengan cara primodial seperti yang diilustrasikan di atas, menghasilkan peserta didik yang sekedar memperoleh hapalan pengetahuan yang tidak lengkap dan mudah dilupakan sehinga tidak bermanfaat bagi kehidupnnya. Dengan demikian, pendidikan yang tekstual justru akan menjauhkan peserta didik dari realita asing terhadap fakta. Asing terhadap konteks pembelajaan dunia nyata, asing terhadap proses konseptualisasi, tidak mampu membuat konsep kehidupan, tidak mandiri dan lebih senang hidup tergantung dalam segala hal. Pendekatan tekstual dapat mengakibatkan keterpurukan dalam bidang IPA dan tertinggal dengan bangsa barat dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi (IPTEK).
clip_image002
Berdasarkan pengamatan faktor penyebab dari ketidakmampuan siswa dalam konsep pesawat sederhana adalah siswa mengalami kejenuhan sehingga siswa tidak mengikuti proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh kekurangantepatan pendidik didalam menerapkan  tehnik pembelajaan pada saat pelajaran IPA berlangsung. Pada saat proses pembelajaran berlangsung pendidik tidak menerapkan teknik yang sesuai dengan kebutuhan siswa yakni tidak menggunakan media pembelajaran yang tepat, sehingga anak mudah jenuh dan tidak mau mengikuti proses pembelajaran. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu suatu upaya yang dapat mengatasi diatas antara lain melalui penggunaan “Media Pembelajaran Interaktif Pesawat Sederhana”.
“Media Pembelajaran Interaktif Pesawat Sederhana” merupakan alat atau media yang digunakan dalam membuktikan teori-teori IPA yang dihubungkan dengan lingkungan alam yang tujuannya mendorong anak agar mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya. Berdasarkan hal tersebut, maka “Media Pembelajaran Interaktif Pesawat Sederhana” perlu digunakan, agar dapat membantu dan memudahkan siswa memahami konsep pesawat sederhana sehingga pembelajaran menjadi aktif, menarik, komunikatif, bermakna dan tidak menjenuhkan.
Lingkup materi
Media pembelajaran IPA “Pesawat Sederhana” berisi tentang konsep, animasi, simulasi, latihan dan pembahasan, evaluasi dan tindak lanjut. Media ini diperuntukkan bagi siswa kelas V SD/MI semester 2.
clip_image004
clip_image006

Fungsi dan Manfaat
1. Sebagai media pembelajaran bagi siswa yang dimanfaatkan untuk belajar secara mandiri di rumah.
2. Membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran pada materi Pesawat Sederhana.
3. Melalui simulasi, siswa dapat mengidentifikasi jenis Pesawat Sederhana.
4. Melalui latihan, siswa dapat mengukur kompetensinya dalam memahami konsep pembelajaran.
5. Melalui evaluasi, guru dapat mengukur kompetensi siswa.
Sasaran Program
1. Guru lebih mudah menerangkan materi tentang Pesawat Sederhana.
2. Siswa dapat memanfaatkan program tersebut untuk belajar mandiri di rumah dengan menyenangkan.
3. Siswa lebih mudah menerima pelajaran dari guru.


PESERTA PERIODE I
clip_image002
JUDUL
:
PESAWAT SEDERHANA
NAMA
:
Hendrik Hermawan, S.Pd
INSTANSI
:
SD Negeri Kecil Karangasem
FACEBOOK
:
http://www.facebook.com/hendrik.pencerah
BLOG
:
Jamur1.webnode.com
Email
:
Meteora_boy@yahoo.com
Prestasi Yang Pernah Diraih
:
Juara Harapan 2, Lomba Guru Berprestasi di Bidang Pembuatan Bahan Ajar Berbantuan Komputer / Multimedia LPMP Jateng Tahun 2011
:
Juara 3, Pengayaan Sumber Belajar Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif BPTIKP Jateng Tahun 2012
:
Juara 1, Lomba Guru Berprestasi di Bidang Pembuatan Bahan Ajar Berbantuan Komputer / Multimedia LPMP Jateng Tahun 2012

   Download
file MPI ini terdiri dari 2 file. download semua file terlebih dahulu, kemudian untuk ekstrak menggunakan 7zip pada file yang pertama agar menjadi kesatuan file dalam satu folder (download 7zip)

Bila kesulitan download, anda dapat memesan media ini melalui kami,
dengan mengganti biaya cetak (cetak CD + Ongkos kirim + Donasi untuk Formulasi) info lengkapnya bisa dibaca di toko.formulasi.or.id





















CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia
0 Blogger
Tweets
Komentar

Posting Komentar

.