Media Pembelajaran Pencerminan Matematika SMP | Formulasi
Kamis, 26 Desember 2013

Media Pembelajaran Pencerminan Matematika SMP

Baca Juga : download, download media pembelajaran, download mpi, matematika, media pembelajaran, media pembelajaran matematika, media pembelajaran pencerminan, mpi, mpi matematika, mpi pencerminan, pencerminan, pencerminan matematika

Media pembelajaran pencerminan ini ditujukan kepada siswa kelas VII semester 2 yang sudah menggunakan kurikulum 013. Media ini disusun menggunakan konsep

1. User friendly :

a. Mudah digunakan, karena tombol-tombol navigasinya simpel dan tidak ruwet. Setiap mengklik menu utama yang terletak di bawah maka sub menu akan mucul di sebelah kiri.

b. Dilengkapi dengan petunjuk yang jelas, sehingga siswa tidak kebingungan dalam mengklik tombol

c. Delengkapi juga tutorial penggunaan media dalam bentuk video

2. Minimalis : Warna yang kami gunakan sedikit yaitu biru, pink, hitam dan putih.

3. Mendalam : Materi dibahas secara tuntas dan mendalam.

clip_image001

Pemanfaatan media ini oleh siswa diharapkan menggunakan pendekatan kurkulum 2013 yaitu scientific learning. Ada 5 tahapan dalama scientific learning yaitu Mengamati, bertanya, mencoba, bernalar dan menarik kesimpulan.

Simulasi pada media ini ada dua yaitu simulasi menggunakan konsep dan simulasi menggunakan grafik. Ada 7 halaman pada simulasi konsep yiatu pencerminan terhadap sumbu x, sumbu y, titik ( 0,0 ), garis y = x, garis y = -x , garis x =2 , dan garis y =2 . Pada masing-masing halaman siswa dapat menginput sembarang titik kemudian secara otomatis akan muncul hasil pencerminan titik tersebut terhadap garis/cermin tersebut. Pada simulasi grafik terhadap 5 halaman yaitu yiatu pencerminan terhadap sumbu x, sumbu y, titik ( 0,0 ), garis y = x, garis y = -x. Pada masing-masing halaman siswa dapat melakukan drag and drop pada suatu titik maka bayangan titik tersebut akan otomatis berpindah sesuai cerminnya.

clip_image002

clip_image003

clip_image004

clip_image005

clip_image006

clip_image007

clip_image008

clip_image009

Latihan pada media ini disusun sedemikian rupa untuk lebih membantu siswa memahami konsep pencerminan. Ada 2 jenis latihan yaitu pilihan ganda dan essay. Pada soal pilihan ganda terdapat 2 level. Masing-masing level terdiri dari 10 soal.

Evaluasi terdiri dari 10 soal. Soal-soal disusun menggunakan konsep perbandingan mudah, sedang dan sulit secara proporsioal. Nilai siswa akan muncul setelah siswa selesai mengerjakan seluruh soal. Evaluasi ini juga disusun menggunakan tenik acak, artinya jika siswa ingin mengulang lagi evaluasi maka urutan soal akan berbeda dengan sebelumnya sehingga siswa terhindar dari menghafal jawaban soal.

Kami yakin bahwa banyak sekali kelemahan dalam media ini, oleh karena itu kritik dan saran dari pengguna sangat kami harapkan

Magelang, Desember 2013

Pembuat media

Duhron Firdaus

DOWNLOAD

File .iso dapat anda download kemudian anda burning cd atau jalankan pada emulator cd

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia
0 Blogger
Tweets
Komentar

Posting Komentar

.