JUDUL : BERMAIN HURUF
KELOMPOK : B
SEMESTER : II
AREA : Bahasa
TEMA : ALAM SEKITARKU
BAHAN :
· Komputer dengan program power point atau laptop
· LCD
· Ruang yang gelap
· Layar LCD
· Gambar-gambar
· Rekaman suara
· lagu
CARA MEMBUAT :
· Buka computer langsung ke program power point
· Klik pada slide design templates, pilih salah satu colour shemes.
· Klik insert pilih menu clipart cari gambar-gambar yang dekat dengan dunia anak.
· Langkah selanjutnya klik animation pilih custom animation.
· Klik menu insert yaitu action ke odther sound masukkan suara.
. Tulis huruf “a” pada slide pertama dengan memberi 1 gambar ayam pada kotak garis yang disediakan, copy huruf
Kemudian masukkan suara melalui other sound dengan bunyi huruf ( a,i,u,e,o ) kemudian klik huruf hyperlink pilih slide 3 ok untuk gambar ayam. Huruf hyperlink ke slide 5 menuju gambar ikan, huruf untuk gambar ulat huruf untuk gambar eskrim, huruf o untuk gambar obor dan seterusnya.
TUJUAN :
· Anak mampu menirukan kembali bunyi suara tertentu
· Anak mampu menjawab pertanyaan sederjana
· Anak mampu menyebutkan nama bnda yang diperlihatkan
· Anak mampu menyebutkan gerakan-gerakan
MANFAAT :
· Sebagai media untuk berkomunikasi secara lisan melalui perbendaharaan kata dan mengenal simbol-simbol.
· mengenalkan kepada anak tentang bunyi huruf awal
· Sebagai media untuk lebih mudah memahami pertanyaan sederhana
· Sebagai media untuk memahamkan ada hubungan antara bahasa lisan dengan bahasa tulisan.
· Sebagai media untuk menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya.
Indikator : B6, B12, B15, B17
TEKNIS PEMAKAIAN MEDIA :
· Pembelajaran dengan menggunakan media bermain huruf sebaiknya menggunakan metode Tanya jawab dan demonsrasi.
· Setting tempat duduk membentuk leter u agar lebih muda memahami materi
· Langkah pertama guru memberi petunjuk cara memainkan media bermain huruf dan menanyakan kepada anak huruf apa yang didengar dan gambar apa yang muncul.
· Langkah kedua anak diberi kesempatan untuk maju dan menunjuk huruf yang diinginkan. Guru mengklik mengikuti petunjuk.
· Langkah ketiga bimbing anak secara individu untuk memainkan media ini anak yang lain memasangkan kartu huruf dengan gambar sesuai dengan media bermain huruf melalui powerpoint .
PENILAIAN :
· Alat dan cara yang digunakan untuk penilainan ini adalah observasi dan pemberian tugas.
· Jika anak mampu mengenal huruf a,i,u,e,o, menebak gambar dan menunjuk huruf serta memasangkan huruf dengan gambar akan mendapat bintang 4, jika masih dibantu mendapat bintang 3 dan jika anak belum mampu mendapat bintang 2 jika tidak mau maju mendapat bintang 1
GAMBAR YANG DIGUNAKAN :
| ||||||
- URL File : Di Sini atau..
https://doc-0s-5o-docs.googleusercontent.com/docs/securesc/9ek0oqaoiak04c00aolphod0r39i4qn1/e6v649q63ck50h42tjoj00ml0jc6cifj/1377943200000/01975272776481415340/01975272776481415340/0B7BcyxQ1-Wo2Z0pjX3JZNzRLbWs?e=download&h=16653014193614665626&nonce=f64n2vfgnfve2&user=01975272776481415340&hash=94miu5phsrl4af91j3vrflvq4jdncfuv
- Software : .Power point.......................
Identitas Penulis :