Edmodo : Mengelola Kelas Virtual | Formulasi
Jumat, 28 Juni 2013

Edmodo : Mengelola Kelas Virtual

Baca Juga : belajar edmodo, edmodo, kelas edmodo, latihan edmodo, Mengelola Kelas Virtual, pembelajaran edmodo, tentang edmodo, Tutorial, tutorial edmodo

Mengelola Aktivitas Kelas pada edmodo

1. Mengunggah dan Mengatur Sumber Bahan Ajar di Library

Library yang ada disini dapat dikatakan selayaknya perpustakaan di sekolah. Sebagai guru Anda bisa mengunggah dokumen apapun termasuk bahan ajar terkait maupun link situs sebagai referensi bagi siswa. Anda juga dapat mengaturnya dalam folder-folder untuk memudahkan akses bagi setiap kelas.

· Masuk ke kelas yang telah dibuat, kemudian klik

clip_image002

· Akan muncul halaman library. Klik NEW untuk membuat folder baru.

clip_image004

· Tentukan nama folder, dan kelas mana saja yang dapat mengakses folder tersebut. Klik CREATE.

· Lalu kembali ke halaman LIBRARY, clip_image002[4] klik untuk menambahkan file atau referensi

lain. Muncul jendela UPLOAD to LIBRARY. Beri tanda (mark) ADD TO FOLDER apabila Anda ingin menambahkan pada folder. Klik tab Files untuk menambahkan file, kemudian klik UPLOAD untuk mulai mengunggah. Apabila referensi yang ingin ditambahkan berupa link, klik tab LINK untuk memasang link atau alamat suatu situs. clip_image004[4]

image

clip_image002[6]

· Apabila file atau link berhasil ditambahkan, pada daftar isi folder akan muncul nama file atau link tersebut.

clip_image002[8]

 

2. Catatan (Note)

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan Facebook, note di sini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan istilah “status” pada Facebook. Perhatikan gambar berikut.

image

a.Klik pada NOTE untuk memulai menulis catatan.

b.Tuliskan catatan pada kotak yang disediakan. Ingat bahwa fungsi catatan ini sama halnya ketika Anda berbicara di depan kelas atau di depan siswa.

c. Klik pada File, Link, Library apabila Anda ingin menyertakan file, alamat situs atau koleksi referensi.

d.Tentukan siapa yang bisa membaca note yang Anda tulis. Apakah siswa dalam satu kelas? Atau siswa tertentu saja? Atau orang tua siswa?

e.Klik SEND untuk mengirim catatan Anda. Apabila berhasil, akan muncul tampilan sesuai catatan yang Anda ketikkan.

 

image

3. Pengumuman (Alert)

Pengumuman (alert) merupakan jenis note yang lebih sederhana, karena tidak memiliki lampiran berupa file, link maupun library. Biasanya alert ini digunakan untuk mengingatkan siswa akan batas waktu kegiatan tertentu. Misalnya batas waktu pengiriman tugas, dsb.

image

4. Penugasan (Assignment)

Penugasan merupakan salah satu fitur yang membedakan Edmodo dengan jejaring sosial lain. Melalui fitur ini guru dapat memberikan tugas pada siswa dengan batasan waktu pengumpulan tugas, bahkan memberi penilaian pada tugas tersebut. Fungsi fitur ini seperti layaknya yang terdapat di sebuah Learning Management System misalnya Moodle.

 

clip_image003

Tampilan dari sisi siswa

 

clip_image005

Tampilan siswa menjawab tugas

 

5. Kuis (Quiz)

Berikut adalah contoh Kuis Tebak Planet pada Edmodo. Kuis ini berupa soal pilihan ganda, dan waktu dibatasi 10 menit.

image

image

 

Contoh pembuatan soal kuis:

clip_image002[10]

Klik ADD untuk menambah pertanyaan kuis. Klik LOAD untuk memasukkan pertanyaan yang baru saja dibuat ke daftar pertanyaan kuis.

Apabila Anda telah selesai membuat pertanyaan kuis, klik clip_image002[12]untuk mempublikasikan kuis. Selanjutnya pada halaman posting lakukan pengaturan posting seperti biasa. clip_image002[14]

Silahkan beri tanda pada Add Quiz Score to Gradebook apabila Anda ingin nilai kuis ini dimasukkan ke daftar nilai siswa. Tentu saja Anda harus mempertimbangkan jenis kuis mana yang sekiranya perlu dimasukkan ke daftar nilai atau hanya sekedar untuk latihan siswa.

 

6. Penilaian (Grade)

Klik clip_image002[16]untuk mengetahui apakah ada siswa yang telah mengirim tugas atau kuis. Muncul daftar notifikasi (pemberitahuan) tentang aktivitas Edmodo yang terkoneksi dengan akun Anda

image

Apabila telah ada siswa yang mengerjakan, misal tugas, maka akan muncul notifikasi:

clip_image002[18]

Klik pada nama tugas, selanjutnya muncul jendela penilaian tugas untuk siswa yang bersangkutan.

image

Silahkan lihat contoh pengisian nilai tugas siswa berikut ini.

clip_image002[20]

Setiap penilaian yang dilakukan guru akan terekam di buku penilaian. Untuk melihat rekap penilaian, klik GRADE dan pilih nama kelas.

image

Lalu muncul tabel nilai siswa.

image

 

Untuk mengkompilasi nilai, Guru dapat mendownload tabel tersebut berupa file excel dengan mengklik tombol EXPORT (CSV). Apabila guru ingin menambahkan kriteria penilaian lain, klik ADD GRADE

clip_image002[22]

Maka tabel akan bertambah dengan kolom baru sesuai kriteria yang ditambahkan. Isikan nilai siswa pada kotak yang disediakan.

clip_image002[24] CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia
0 Blogger
Tweets
Komentar

Posting Komentar

.