Menggunakan MPI Mengenal Grafik Fungsi dalam Pembelajaran | Formulasi
Senin, 24 Desember 2012

Menggunakan MPI Mengenal Grafik Fungsi dalam Pembelajaran

Baca Juga : artikel, artikel guru, artikel pengalaman guru, download, download media pembelajaran, lomba, lomba guru, lomba menulis guru, media pembelajaran, media pembelajaran fisika, mpi, mpi lpmp jateng, multimedia

Dalam sebuah pembelajaran perlu diupayakan sedimikian rupa untuk mendapatkan hasil belajar siswa sesuai yang diharapkan. Dalam pembelajaran yang kami lakukan sebelumnya pada materi fungsi dengan menggunakan metode ceramah, antusiasme dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran kurang  sehingga hasilnya pun masih jauh dari harapan. Sebagai salah satu upaya kami untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kooperatif dengan tujuan siswa dapat bekerja sama dalam kelompok pada prakteknya tidak semua siswa mau aktif dalam diskusi kelompok hanya satu atau dua orang yang aktif dan anggota kelompok masih banyak yang pasif dengan kata lain harapan belum tercapai. Sebagai seorang guru kami terus berusaha untuk agar proses pembelajaran dan hasil pembelajaran sesuai dengan harapan, maka yang kami lakukan selanjutnya adalah dengan membuat MPI (Media Pembelajaran Interaktif) yang kami gunakan dalam pembelajaran.

 

MPI yang kami beri judul Mengenal Grafik Fungsi dilengkapi dengan menu (kurikulum, apersepsi, Materi, latihan, simulasi, evaluasi, petunjuk penggunaan program dan referensi). Template MPI kami konsep dengan sederhana dengan tata letak menu yang seimbang dan proporsional sehingga akan memudahkan siswa dalam menggunakan MPI. Home kami tampilkan karakteristik dari masing-masing grafik sehingga diharapakan siswa akan mempunyai persepsi awal. Apersepsi terdapat animasi dan video kontektual dari materi sehingga diharapkan siswa mampu menghubungkan materi dengan kehidupan nyata. Materi kami sampaikan secara runut dari definisi, langkah-langkah, sampai dengan sebuah contoh yang kami kemas dengan interaktif dengan animasi, text dan audio sehingga diharapkan dalam belajar siswa nyaman. Pada Materi yang perlu penekanan kami berikan space full screen diharapkan siswa akan focus dan animasi dalam materi kami buat sedemikian rupa sehingga siswa benar-benar memahami konsep. Setelah siswa belajar materi dalam media kami sediakan latihan soal. Dalam latihan soal kami lengkapi dengan komen media terhadadap jawaban siswa diharapkan siswa mengetahui apakah jawabannya benar atau salah. Dalam latihan kami berikan pembahasan sebagai kontrol. Simulasi kami berikan secara komperhensif, dengan menginput nilai siswa dapat mengetahui fungsinya, juga dapat menentukan langkah mengambar fungsi. Pada menu simulasi siswa juga diajak berkomunikasi untuk menyelesaikan soal dengan konsep yang menyenangkan. Setelah belajar materi, mengerjakan latihan, menggunakan simulasi siswa disediakan menu evaluasi untuk mengetahui ketercapaian indikator.  

 

clip_image002[5]

clip_image004[4]

clip_image006[4]

clip_image008[4]

clip_image010[4]

clip_image012[4]

clip_image014[4]

clip_image016[4]

clip_image018[4]

 

Setalah MPI ini digunakan dalam pembelajaran antusiasme siswa dalam pembelajaran meningkat ditunjukkan dengan kondisi pembelajaran yang kondusif, masing-masing siswa belajar dengan MPI dan tidak terlihat siswa yang ramai. Setelah dilaksanakan post test hasil belajar mendekati harapan adapun siswa yang belum tuntas karena kurang cermat dalam perhitungan bukan pada konsep. Dengan demikian penggunaan MPI ini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan dari sisi waktu pembelajaran lebih efisien.

 

image    Download

Bila kesulitan download, anda dapat memesan media ini melalui kami,
dengan mengganti biaya cetak (cetak CD + Ongkos kirim + Donasi untuk Formulasi) info lengkapnya bisa dibaca di toko.formulasi.or.id

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia
0 Blogger
Tweets
Komentar

Posting Komentar

.