Cara Membuat Blog di Blogspot | Formulasi
Rabu, 04 Juli 2012

Cara Membuat Blog di Blogspot

Baca Juga : blog, blogger, blogspot, Tutorial
Di era kemajuan ICT saat ini sudah semestinya para guru memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Dengan blog para guru bisa menyajikan materi pembelajaran, soal-soal, animasi, simulasi, maupun evaluasi secara online. Para guru bisa juga menjayikan perangkat pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelasnya melalui blog guru.

Kita bisa dengan mudah membuat blog tanpa harus memahami bahasa pemrograman HTML terlebih dahulu. Karena saat ini telah banyak tersedia Content Management System(CMS) atau penyedia layanan blog yang memungkinkan kita membuat dan memodifikasi web pribadi/blog tanpa memahami HTML terlebih dahulu. Dari sekian banyak penyedia layanan blog tersebut yang paling banyak digunakan adalah Blogspot (www.blogger.com) dan Wordpress (www.wordpress.com)

Pada kesempatan ini kami sajikan tutorial mengenai cara membuat blog di blogspot. Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :

1. Kunjungi www.blogger.com kemudian klik tombol sign up yang ada di pojok kanan atas.

2. Setelah itu, maka akan muncul aplikasi pendaftaran pembuatan akun gooogle, seperti gambar di bawah ini. Silahkan lengkapi aplikasi tersebut.

Keterangan :

  • Pada bagian Name, Isi nama depan dan nama belakang anda.
  • Pada Choose your username, isi sesuai dengan username yang anda inginkan, username ini nantinya berfungsi sebagai email login untuk akses ke dashboard blogspot anda dan bisa juga untuk login ke Gmail.
  • Pada Create a Password, isi password anda (silahkan dingat password tersebut), pada Confirm your password silahkan isi dengan password yang sama dengan password pada kolom pada create a possword tadi.
  • Pada Birthday silahkan isi dengan tanggal lahir anda.
  • Pada Mobile phone, silahkan isi dengan nomor HP anda,
  • Pada Your curent email address, dikosongkan saja atau isi dengan email yang sudah anda miliki. Pada Type the two pieces of text, ketikan dua buah teks kode yang ada di atasnya. Selanjutnya beri tanda centang pada dua kotak kecil di bawahnya, dan yang terakhir Klik pada tombol Next step.


3. Anda akan dibawa ke menu "Create your profile". Untuk menambahkan foto silahkan klik "Add profile photo", atau klik "Next step" untuk menuju tahap berikutnya.

4. Akun anda telah jadi, silahkan klik "Back to Blogger"

5. Kemudian klik "Lanjutkan ke Blogger"

6. Setelah itu anda akan masuk ke halaman utama Dashboard blogger. Di dashboard ini anda bisa membuat blog, menulis posting, mengatur template(tema blog), dan lain-lain. Untuk membuat blog pertama kali klik tombol Blog Baru.

7. Kemudian akan muncul jendela pembuatan blog. Pada bagian Judul isi Judul blog anda, pada bagian Alamat isi dengana alamat blog yang anda inginkan. Pada template, pilih salah satu template yang anda inginkan. Kemudian klik tombol "Buat blog".

8. Setelah langkah-langkah di atas, blog anda sudah berhasil di buat. Untuk menulis posting silahkan klik tombol Pensil, sedangkan untuk melihat tampilan blog silahkan klik tombol lihat blog.



Jika anda sudah mempunyai alamat email di Google (Gmail), maka anda tidak perlu mendaftar dari awal. Anda dapat langsung memasukkan alamat Gmail dan password anda, kemudian klik tombol masuk. Selanjutnya anda tidak perlu mengisi berbagai macam kolom. Anda hanya perlu masukkan Judul dan Alamat blog yang anda inginkan.

Silahkan download ebooknya, disini. CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia
4 Blogger
Tweets
Komentar
  1. mas.. kok saya susah bikin alamat blogspot untuk blog baru seperti di poin 7 selalu tidak tersedia jawabnya. gmn donk..?

    BalasHapus
  2. @herawati suryanegara itu artinya blognya sudah ada yang memiliki, silahkan di ganti sampai dengan ketemu nama blog yang tersedia

    BalasHapus
  3. salam kenal, trims atas artikelnya .. bagus2. law blog saya koq susah dicari orang, kenapa ya? Saya ngasih tugas ke anak2, tapi sebagian besar ga nemu,n ada lagi yang gak bisa komen sama artikel (tugas) yg sya posting. Mohon bantuannya....

    BalasHapus

.