PENTINGKAH PELAJARAN TIK BAGI SISWA SMP ? | Formulasi
Rabu, 05 Desember 2012

PENTINGKAH PELAJARAN TIK BAGI SISWA SMP ?

Baca Juga : berita, download kurikulum 2013, kurikulum, kurikulum 2013, kurikulum TIK, pelajaran TIK, pelajaran TIK dihapus., pelajaran TIK penting

Galau…! istilah yang sedang ngetrend di social media saat ini, Galau ternyata juga melanda teman-teman guru TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Mereka para guru TIK mengalami kebingungan tentang nasib mereka jika Kurikulum 2013 diterapkan, karena pelajaran TIK akan dihilangkan. Hal ini perlu kita sikapi secara bijak dampak dari penerapan Kurikulum 2013 ini, dampak bagi siswa, bagi guru, maupun dampak bagi sekolah baik dampak positif maupun negatif.

Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan bagian dari strategi meningkatkan capaian pendidikan. Disamping kurikulum, terdapat sejumlah faktor diantaranya: lama siswa bersekolah; lama siswa tinggal di sekolah; pembelajaran siswa aktif berbasis kompetensi; buku pegangan atau buku babon; dan peranan guru sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan.

Orientasi Kurikulum 2013 adalah terjadinya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude), keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge). Hal ini sejalan dengan amanat UU No. 20 Tahun 2003 sebagaimana tersurat dalam penjelasan Pasal 35: kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati. Hal ini sejalan pula dengan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu.

kurikulum 2013

kurikulum 2013 smp

Secara umum tujuan kurikulum 2013 ini bagus, tetapi ada beberapa ganjalan seperti dihilangkannya Pelajaran TIK di SMP, berikut ini adalah perbandingan struktur kurikulum 2013 dengan kurikulum saat ini.

kurikulum 2013 smp

Yang menjadi catatan penting adalah TIK akan dihilangkan tetapi TIK menjadi media disemua mata pelajaran. Bagaimana tanggapan anda ? setuju atau tidak setuju? mohon komentar anda , mari kita sikapi dengan bijak permasalahan ini.

PENTINGKAH PELAJARAN TIK BAGI SISWA SMP ? bila penting maka kita usulkan untuk dipertahankan, sebaliknya bila tidak penting maka pelajaran TIK memang harus hilang dari mata pelajaran di SMP.

kurikulum 2013

Anda dapat menggunakan kesempatan untuk memberi masukan, kritik, dan saran kepada pemerintah hingga tanggal 24 Desember 2012 dalam Uji Publik Pengembangan Kurikulum 2013.

Pelaksanaan uji publik tersebut dilaksanakan dengan mekanisme sebagai berikut:

  1. Anda diminta mengunduh rancangan Kurikulum 2013 yang tersedia dalam bentuk PDF pada laman http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id  (klik disini untuk mengunduh).
  2. Dalam setiap halaman rancangan Kurikulum 2013 tersebut, terdapat ruang untuk Anda memberi tanggapan.
  3. Bilamana Anda hendak memasukkan tanggapan melalui laman http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id, Anda diminta terlebih dahulu mengisi identitas diri dalam lembar isian yang tersedia. silahkan klik disini

Jika ada hal-hal yang ingin disampaikan lebih lanjut bisa melalui email: ujipublik.kurikulum@kemdikbud.go.id

Mari bersama sama beri masukan positif kepada pemerintah demi kemajuan pendidikan Indonesia. CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

1 Blogger
Tweets
Komentar
  1. Terima kasih buat bang Fauzan,jujur saya sangat suka dengan isi artikel abang..salut.

    BalasHapus

.